November 18, 2020 2 min to read

HAL YANG PERLU KAMU TAHU SEBELUM LIBURAN KE NUSA PENIDA

Category : Holiday, Travel Tips

Pulau Bali memang tak ada habisnya dalam memanjakan pelancong soal destinasi wisata. Tapi, Bali tak hanya Kuta, Ubud atau Seminyak aja. Untuk ide liburan nanti, kamu wajib untuk mengunjungi tenggara pulau Dewata. Kamu akan menemukan pulau Nusa Penida yang juga berdekatan dengan dua pulau kecil lainnya, yaitu Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

Pulau Nusa Penida juga telah tersohor hingga mancanegara karena panorama nya yang cantik dan mempesona. Dengan pantai yang memiliki ekosistem karang dan ikan yang beragam, Nusa Penida menjadi spot diving favorit para penyelam dunia. Di tahun 2010, pulau ini juga diresmikan sebagai Kawasan Konservasi Laut (MPA) untuk memajukan konservasi di seluruh wilayah, yang mencakup 20.057 hektar area lautan dan rumah bagi 298 ekosistem karang dan 576 spesies ikan karang.

Dengan perbaikan infrastruktur yang didukung oleh Pemerintah setempat, seperti fasilitas jalan, kesehatan dan kebersihan lingkungan, serta fasilitas air yang bersih, pulau ini dijamin akan menunjang kepuasan wisatawan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu tahu sebelum liburan ke Nusa Penida.

WAKTU YANG TEPAT
Waktu yang tepat untuk mengunjungi Nusa Penida atau area pulau dan pantai lainnya adalah bulan Juni hingga September. Hindari berkunjung di bulan Oktober sampai April, karena bulan-bulan tersebut biasanya berlangsung musim hujan. Kamu tidak akan puas menikmati destinasi Nusa Penida kalau cuaca tidak mendukung, kan?

YANG HARUS DIPERSIAPKAN

  • Bawalah selalu perlengkapan yang menunjang protokol kesehatan seperti masker dan hand sanitizer. Bawa juga barang-barang kebutuhan sendiri seperti handuk dan peralatan kebersihan. Jangan lupa membawa tabir surya untuk menghindari kulit yang terbakar cuaca terik di pulau. Kamu juga bisa membawa topi pantai atau sunglasses
  • Persiapkan uang tunai. Meski pada saat ini kita sangat dianjurkan untuk mengurangi bertransaksi menggunakan uang tunai atau cashless, namun banyak pembayaran disini yang belum bisa dilakukan secara debit atau menggunakan kartu kredit
  • Pakaian & kacamata renang milik pribadi. Nusa Penida sangat terkenal akan keindahan pantai nya. Kalau kamu ingin berenang, maka ada baiknya untuk mempersiapkan perlengkapan tersebut dari rumah
  • Bawa sandal hiking. Sebagian besar jalanan menuju objek wisata di Nusa Penida masih berupa batu karang, maka memakai sandal hiking merupakan pilihan terbaik untuk alas kaki. Sandal juga menjadi pilihan tepat saat kamu mengunjungi destinasi pantai atau pulau, untuk menghindari sepatu jika terkena pasir atau air laut
  • Bawa minuman dan makanan ringan. Hal ini juga penting banget, karena belum terlalu banyak toko yang menjual makanan atau minuman disini. Dengan membawa makanan sendiri, kamu juga bisa lebih berhemat

PENGINAPAN
Meski lokasi nya tidak berdekatan dengan destinasi favorit di Bali seperti Ubud, Kuta atau Seminyak, Nusa Penida juga menyediakan banyak pilihan penginapan dengan harga yang beragam. Mulai dari hotel, cottage, hingga bungalow bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Jangan lupa untuk melakukan booking penginapan, jauh sebelum hari H keberangkatan menuju Nusa Penida.

Pesan Hotel Sekarang

TRANSPORTASI
Untuk sampai ke Nusa Penida, kamu bisa menyeberang dari 5 titik keberangkatan atau pelabuhan berbeda yang terletak di Sanur, Padang Bai, Tanjung Benoa, Nusa Lembongan dan Kusamba. Untuk transportasi nya, kamu dapat menaiki kapal cepat (speedboat), kapal pesiar/Feri, bahkan kapal kecil atau kapal tradisional. Tarif yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 450.000, tergantung dengan jenis transportasi yang kamu gunakan dan titik keberangkatan yang dipilih.

Saat sampai di Nusa Penida, kamu bisa menyewa motor atau mobil untuk berkeliling atau wisata domestik. Dengan harga yang bervariasi, tergantung apakah kamu akan menyewa kendaraan yang sudah termasuk tour guide dan supir atau tidak. Kamu bisa menyesuaikan itu semua dengan budget dan kebutuhan masing-masing.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu persiapkan sebelum berlibur ke Nusa Penida. Kamu juga bisa menemukan paket tour ke Nusa Penida atau destinasi menarik lainnya di Bali melalui portal via.com!

Lihat Paket Tour Di Sini

 

Leave a comment

Newsletter subscribe