July 22, 2021 1 min to read

GOYANG LIDAH DENGAN SEI SAPI, KULINER ANDALAN SAAT WISATA KE LABUAN BAJO

Category : Culture, Destination, Holiday, Travel Tips

Kuliner bisa jadi andalan dan daya tarik tersendiri untuk mengundang wisatawan ke suatu destinasi. Selain destinasinya yang memang indah dan memesona, nyatanya kuliner juga menjadi suatu hal yang diincar dan dinantikan. Jika kamu ingin berwisata ke Labuan Bajo, kuliner yang dapat menggoyang lidah ini tak boleh kamu lewatkan!

Se’i sapi, merupakan kuliner khas Kupang, Nusa Tenggara Timur. Makanan ini cukup dikenal karena memang sedang tersohor dan banyak tersedia di kota-kota besar. Cita rasanya yang khas dan unik dipadukan dengan sambal serta sayurnya menjadi incaran banyak orang. Kuliner ini pun dapat ditemukan dengan mudah oleh Tamu Anda kala ke Labuan Bajo.

Se’i berarti daging yang diiris tipis menurut bahasa Rote. Se’i merupakan daging asap yang sudah dibumbui terlebih dahulu. Bahan dasar dagingnya dapat bermacam-macam sesuai selera, seperti sapi, ayam, ikan, kambing, dan babi. Bahkan, dahulu masyarakat Rote yang mempopulerkan kuliner ini mengolah se’i dari daging rusa. Namun, yang paling terkenal dan diminati adalah se’i sapi.

Daging yang akan diolah dipotong dan diiris memanjang serta tipis, kemudian dibumbui dengan rempah-rempah. Setelah itu, daging akan diasap menggunakan kayu bakar hingga 9 jam. Proses pembakarannya dilakukan dengan jarak jauh, sehingga daging akan matang karena asap panas dan bukan karena api.

Kuliner khas NTT itu biasanya dihidangkan bersama dengan tumis bunga pepaya atau sayur daun singkong serta sambal lu’at yang khas. Sambal ini diolah dari cabai, jeruk nipis, daun lu’at, serta bisa ditambah tomat atau bawang sesuai selera. Aroma daging yang memikat, rasanya yang gurih dan nikmat, serta pelengkapnya yang memperkaya cita rasa membuat se’i sapi sayang untuk dilewatkan.

Se’i sapi khas NTT yang dapat kamu temukan di Labuan Bajo juga dapat dijadikan oleh-oleh. Biasanya, se’i telah dikemas dan dibumbui perkilogram dan dapat diolah kembali di rumah nanti. Vrens, jangan sampai melewatkan se’i sapi yang dapat menggoyang lidah ini!

Tertarik berlibur ke Labuan Bajo? Pesan paketnya di sini.

Download Itinerary Labuan Bajo

Leave a comment

Newsletter subscribe