July 18, 2022 1 min to read

Di Balik Nama 6 Kota Besar Dunia

Category : Culture, Destination, History

Kamu pasti tahu asal-usul kota Jakarta yang berasal dari Jayakarta. Atau, mungkin kamu tahu alasan di balik penamaan Kota Surabaya yang berasal dari sebuah legenda. Lantas, tak pernahkah kamu bertanya-tanya makna di balik nama kota-kota besar dunia?

Ada Beragam Paket Liburan Seru di Sini

Berikut arti nama-nama 6 kota besar di dunia yang menarik untuk kamu simak!

  1. Amsterdam

Kota besar di Belanda ini memiliki nama yang berasal dari sungai atau kanal yang melintas di dalamnya. Kota Amsterdam dibangun di sekitar Sungai Amstel. Untuk itulah kemudian kota ini dikenal dengan ‘Amsterdam’.

  1. Istanbul

Kota yang dahulu dikenal dengan Konstantinopel ini memang memiliki beragam latar belakang. Selain Kekaisaran Roma, Kekaisaran Yunani juga pernah menduduki kawasan ini. Kota Istanbul sendiri memiliki asal-usul dari bahasa Yunani yang berarti ‘di dalam kota’.

  1. Dubai

Temukan Beragam Info dan Promo Menarik di Sini, Vrens!

Kota besar yang menjelma menjadi kota kosmopolitan nan megah di dunia dalam Uni Emirat Arab ini memiliki asal usul yang cukup unik. Beberapa sumber mengatakan Dubai berasal dari kata ‘dibba’ yang berarti ‘belalang’. Namun, sebagian sumber lain tidak setuju dan mengatakan ‘dubai’ dabat berarti ‘uang’ dalam bahasa Arab.

  1. Singapura

Negara atau kota yang awalnya merupakan bagian dari Malaysia ini juga memiliki asal-usul yang menarik. Bagi orang Indonesia, kata ‘singapura’ mungkin familier karena terdengar seperti bahasa Indonesia. Nyatanya, nama ‘singapura’ memang berasal dari bahasa Melayu, yakni ‘singa’ yang merupakan hewan sang raja hutan dan ‘pura’ yang berarti kota.

  1. Seoul

Ibu kota negeri gingseng Korea Selatan ini memiliki makna yang sederhana. Dalam bahasa Korea, ‘seoul’ memiliki arti yang sesungguhnya; ‘ibu kota’. Meski begitu, tetap terdengar menarik, bukan?

  1. Bangkok

Ibu kota Thailand dengan kuil-kuil memesonanya ini berasal dari kata ‘bang’ yang berarti pedesaan di dekat aliran sungai dan ‘ko’ yang berarti ‘pulau’. Namun, nama resmi kota ini untuk keperluan formal adalah Krung Thep Maha Nakhon dan bernama lengkap Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.

Yuk, liburan lagi. Temukan beragam promo dan info menarik dari Via dengan klik di sini.

Beragam Promo Menarik untuk Kamu Ada di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe