September 21, 2021 1 min to read

CIG KOFTE KULINER EKSTREM TURKI

Category : Culinary, Culture, Travel Tips

Turki memiliki begitu banyak daya tarik yang membuat banyak orang jatuh cinta dan selalu ingin kembali. Berlibur ke Turki artinya kamu pun dapat melakukan wisata kuliner, Vrens! Salah satu hal yang tak boleh kamu lewatkan saat berwisata ke Turki adalah mencicipi kuliner yang khas bahkan ekstrem.

Tentu saja, kamu dapat menemui banyak sekali jenis kuliner yang khas dengan cita rasa yang luar biasa di Turki. Salah satu makanan yang dapat dicicipi adalah cig kofte yang merupakan olahan daging mentah. Jangan khawatir, Vrens! Meski terkesan ekstrem, cita rasa lezat yang sulit dilewatkan akan hadir kala kamu mencicipi cig kofte.

Cig kofte (Çiğ köfte) adalah makanan khas dari Turki bagian tenggara. Makanan itu juga dikenal di beberapa negara lain, seperti Armenia. Cig kofte berasal dari kata Çiğ yang berarti daging mentah dan köfte yang berarti bola daging. Makanan ini diolah dari daging domba mentah atau daging merah mentah lainnya. Di Turki, cig kofte termasuk ke dalam makanan pembuka atau yang biasa disebut oleh masyarakat Turki sebagai meze.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat dan cara mengolah cig kofte cukup sederhana. Bahan dasar berupa daging domba atau daging merah mentah lainnya dihaluskan kemudian dibentuk sedemikian rupa. Lalu, daging diberi tambahan bulgur yang merupakan bumbu khas Turki berupa olahan seperti sereal bercita rasa pedas, isot yang merupakan bumbu bercita rasa sedikit pedas, bawang bombai, saus tomat, dan bumbu penyedap lainnya sesuai selera.

Cig kofte akan lebih nikmat ketika disantap dengan dibungkus daun selada atau lalap lainnya. Untuk menambah cita rasa, kamu juga dapat menambahkan perasan lemon. Cita rasa gurih, sedikit pedas, dan pastinya lezat akan tersaji di mulutmu ketika menikmati kuliner khas Turki satu ini!

Vrens, cobalah cicipi cig kofte ketika berwisata ke Turki agar liburanmu semakin lengkap. Jika ingin mencicipinya, jangan lupa untuk memastikan bahwa cig kofte yang akan dimakan benar-benar bersih dan steril karena sejatinya kuliner ini merupakan daging mentah. Jangan sampai terlewat, ya!

Mau liburan ke Turki? Cek paket turnya di sini!

Beragam Paket Liburan Seru ke Luar Ngeri untuk Kamu Ada di Sini!

Leave a comment

Newsletter subscribe