April 25, 2017 3 min to read

Apa Saja Keunikan Pulau Komodo? Ini Dia Keunikannya

Category : Destination, Holiday

Di Indonesia, selain kaya akan kuliner dan budayanya, Indonesia juga merupakan negara kepulauan yang kaya akanĀ  gugusan-gugusan pulau di dalamnya. Pulau-pulau yang ada di Indonesia, terdiri dari 13.466 pulau. Ada banyak pulau yang menyimpan kekayaan alam, kekayaan rempah-rempah kuliner, hingga kekayaan bahari. Pulau yang memiliki kekayaan bahari unik salah satunya adalah Pulau Komodo. Pulau iniĀ  menyimpan banyak keunikan yang harus dilihat dan dijamah para wisatawan dalam negeri.

Sesuai namanya, di Pulau Komodo ini terdapat banyak hewan komodo. Para komodo ini merupakan hewan asli yang berhabitat di Pulau Komodo. Pulau ini sudah diresmikan menjadi Taman Nasional oleh pemerintah setempat, untuk melindungi satwa-satwa komodo, flora, dll. Komodo yang ada di sini dijaga dan berkembang dengan baik. Banyaknya komodo di pulau ini bisa mencapai 1300 ekor, dan belum lagi yang tersebar di pulau lain. Seperti di pulau Rinca atau pun pulau Gilimontang, diketahui jumlah hewan komodo ada sekitar kurang lebih 2500 ekor. Mereka sangat cocok untuk berkembang-biak di pulau-pulau ini. Komodo ini unik, bisa bereproduksi, tanpa kehadiran si jantan atau laki-laki. Komodo mampu menghasilkan telur tanpa pembuahan.

Selain komodo, di sini juga terdapat flora-flora yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Flores, salah satunya seperti tanaman kayu sepang. Kayu sepang ini, akan diolah dan menghasilkan pewarna pakaian yang alami buatan orang-orang Flores. Terdapat juga tanaman-tanaman obat yang tumbuh di Pulau Komodo ini. Salah satu tanaman di sini adalah pohon nitak, yang berguna untuk membuat obat-obatan. Selain pohonnya, bijinya pun bisa dimakan. Sensasi memakan biji pohon ini rasanya seperti memakan kacang, sangat renyah!

Di Pulau Komodo ini juga terdapat salah satu destinasi wisata yang paling unik dan kerap dijadikan tujuan liburan oleh para wisatawan, yaitu pantai pink. Banyak wisatawan asing maupun lokal untuk berkunjung ke pantai pink ini, karena keunikannya yaitu, pasir pantai nya yang berwarna pink. Karena keunikannya ini, para pelancong betah berlama-lama untuk menikmati suasana, atau hanya bermain pasir yang berwarna pink ini. Kenapa pasir ini berwarna pink? Pasir yang berwarna pink, akibat dari serpihan karang-karang yang berwarna pink, atau banyak plankton-plankton berwarna pink yang bercampur dengan pasir tersebut. Pantai pink ini, hanya ada 7 di dunia dan salah satunya ada di Flores, Indonesia. Banyak kegiatan yang dilakukan di sini seperti snorkeling, diving, berjemur, dll. Banyak juga spesies ikan dan terumbu karang yang cantik di dalamnya. Sayang banget lho Vrens, kalau kamu gak sekalian diving disini.

Keunikan Pulau Komodo lainnya terletak di suhu airnya. Perairan laut Pantai Pink ini dingin dan hangat. Ini dikarenakan pulau-pulau adalah tempat pertemuan air mengalir ke utara dan air mengalir ke selatan. Perairan utara ini menjadi perairan yang sangat hangat karena pertemuan air Laut Banda dan Flores. Perairan di selatan adalah perairan dingin dari arus samudera hindia. Pertemuan air yang mengalir ini menghasilkan ekosistem yang sehat dan kaya, sehingga banyak biota laut yang terus berkembang.

Buat yang mau liburan ke Pulau Komodo ini, Vrens bisa langsung book tiket perjalanannya dan cari penginapan dengan harga terbaik di via.com. Yuk! Pesan sekarang juga untuk menikmati eksotisme dan keunikan Pulau Komodo. Untuk mencapai pulau ini, Vrens harus menggunakan kapal, dan bisa singgah sekejap di pelabuhan Labuan Bajo. Menikmati Labuan Bajo, dengan angin yang semilir dan sepoi-sepoi. Di Labuan Bajo, banyak yang menjual cinderamata khas daerah itu, lumayan ya Vrens untuk menambah bawaan cinderamata liburan.

Jika Vrens tidak terburu-buru, kamu dapat menikmati sunset di Labuan Bajo yang pesona pemandangannya sungguh menawan. Di Dermaga Philimon sudah banyak kapal yang bersandar dan siap mengantarkan Vrens menuju Taman Nasional Komodo. Harga kapal penyeberangan yang ditawarkan untuk menuju pulau komodo ini berbeda-beda. Untuk dapat harga terbaik, jangan lupa untuk tawar-menawar harga ya Vrens!

Nah, banyak banget kan keunikan Pulau Komodo ini. Yuk kita liburan ke salah satu Seven Wonder in The World ini! Jangan lupa untuk pesan tiket pesawat ke NTT dengan harga terbaik hanya di Via.com! Dan jangan lupa juga cari penginapan yang murah meriah tapi tetap bagus di sekitar situ ya Vrens! Ingat, pakai Via.com, liburan tinggal Search, Book, Go!

Leave a comment

Newsletter subscribe