February 20, 2018 2 min to read

Ajak Keluarga untuk Wisata Budaya di Taman Mini Indonesia Indah!

Category : Destination, Holiday

Jalan-jalan di Jakarta belum lengkap rasanya kalau belum pernah mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Tempat wisata ini memiliki banyak spot menarik dan edukatif untuk mengeksplorasi budaya-budaya yang sangat beragam di Indonesia. Bagaimana tidak, di TMII terdapat berbagai anjungan budaya per provinsi di Indonesia. Selain itu, dapat ditemukan banyak museum, bangunan keagamaan, hingga teater IMAX dan sarana rekreasi yang selain menyenangkan bagi anak dan keluarga juga dapat memberikan tambahan wawasan dan edukasi. Dengan berbagai replika kebudayaan yang dapat ditemukan di TMII, maka TMII dapat dikatakan sebagai pusat budaya di DKI Jakarta.

(Source: Aneka Wisata)

Kawasan wisata yang diresmikan sejak 20 April 1975 ini memiliki 34 anjungan daerah yang masing-masingnya mewakili tiap provinsi di Indonesia, dimana dalam setiap anjungannya terdapat rumah adat khas daerah masing-masing, pakaian tradisional, hingga perabotan dan senjata khas daerah yang dapat dilihat. Di setiap anjungan dalam waktu-waktu tertentu juga kerap ditampilkan pertunjukan musik, tarian, dan upacara adat tradisional khas daerah tersebut. Pertunjukan ini biasanya dapat disaksikan ketika weekend atau akhir pekan. Selain itu, beberapa anjungan juga menyediakan kafetaria yang menyajikan makanan khas daerah tersebut. Bangunan dan atribut kebudayaan yang ada di Taman Mini Indonesia Indah dapat menjadi sarana wisata budaya untuk menambah wawasan mengenai sejarah-sejarah kedaerahan di Indonesia.

(Source: Travel Assets)

Selain anjungan-anjungan daerah ini, pengunjung juga dapat melihat miniatur kepulauan Indonesia dari Sabang hingga Merauke dalam bentuk danau. Danau yang berbentuk kepulauan Indonesia ini dapat dilihat dengan lebih jelas jika pengunjung menggunakan kereta gantung, dan dengan kereta gantung pula pengunjung seakan dapat mengelilingi Indonesia karena dapat melihat seluruh anjungan budaya dari angkasa.
Untuk lebih mendapatkan nuansa kedaerahan dan melihat keunikan daerah saat melakukan wisata budaya di Taman Mini Indonesia Indah, pengunjung dapat memilih untuk berkunjung ke anjungan yang sedang diselenggarakan pertunjukan kesenian daerah, biasanya digelar setiap hari Minggu. Pada akhir pekan akan ditampilkan banyak pertunjukan, selain untuk memberi hiburan, hal ini juga dapat memberikan esensi budaya Indonesia yang lebih memorable dan berkesan.

(Source: Wikipedia)

Selain mendapatkan wawasan tentang kebudayaan Indonesia, di Taman Mini Indonesia Indah juga banyak wahana edukatif tentang flora dan fauna, museum, sejarah, hingga pengembangan teknologi. Harga tiket masuk untuk dapat mengunjungi TMII cukup terjangkau sehingga tidak heran kalau kawasan wisata ini kerap menjadi pilihan favorit bagi warga DKI Jakarta maupun wisatawan yang ingin menghabiskan libur akhir pekan dengan keluarga. Jadikan momen liburan di Jakarta lebih mudah dan menyenangkan dengan pesan tiket pesawat murah atau pesan tiket kereta api ke Jakarta dan pesan kamar hotel dengan via.com, your travel partner.

Leave a comment

Newsletter subscribe