April 4, 2022 2 min to read

8 Hal yang Bikin Kamu Jadi Turis yang Bertanggung Jawab

Category : Travel Hacks, Travel Tips

Era modern ini rasanya semakin banyak orang yang gemar traveling. Jika dulu aktivitas itu berbekal rasa penasaran seseorang terhadap atau memang ingin menjelejahi suatu tempat, kini banyak orang yang ingin bepergian karena terinspirasi. Mudahnya penyebaran informasi masa kini melalui media sosial dan media-media lainnya membuat semakin banyak tempat yang dikenali dan ingin dijelajahi.

Dari Promo Penerbangan hingga Paket Liburan Seru Ada di Sini!

Namun, sayangnya permasalahan lain muncul. Meningkatnya pamor banyak destinasi wisata di dunia bersamaan dengan kegiatan traveling itu sendiri malah mengancam keberlanjutan suatu kawasan. Pasalnya, banyak turis yang kurang bahkan tidak bertanggung jawab dalam menjaga stabilitas lingkungan wisata. Keadaan ini pun mendorong banyak otoritas suatu kawasan, badan lingkungan hidup, hingga oganisasi lainnya mengkampanyekan pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism

Sebagai warga negara dan pelancong yang baik, Via Vrens pun harus jadi turis maupun pelancong yang bertanggung jawab. Coba simak 8 hal yang bisa bikin kamu jadi turis yang dapat menjaga destinasi-destinasi wisata agar terus berkelanjutan.

  1. Perlakukan akomodasi maupun tempat wisata seperti rumah sendiri

Jangan berlaku sembarangan apa lagi mentang-mentang ada yang mengurusi kebersihan di tempatmu menginap. Via Vrens harus tetap ikut menjaganya dan sebisa mungkin memperlakukannya seperti rumah sendiri.

 

  1. Ketahui dan patuhi hukum adat setempat

Via Vrens pasti benci jika ada pendatang yang berlaku semena-mena dan tidak menghormati budaya yang sudah ada, kan? Nah, begitu pula ketika kamu berwisata. Sebelum bepergian ada baiknya kamu mempelajari dan menjunjung tinggi hukum adat setempat.

 

  1. Pahami nilai-nilai yang terkandung pada sebuah destinasi

Sebuah destinasi, baik itu klasik maupun modern, umumnya menyimpan sebuah nilai yang akan berguna bagi kehidupan kita. Untuk itu, saat liburan jangan sekadar menikmati keindahan dan mengunggahnya ke media sosial, Vrens! Pelajari juga nilai-nilai baik yang terkandung di dalamnya.

 

  1. Minta izin saat ingin memotret lingkungan bahkan seseorang

Saat berjalan-jalan, rasanya pemandangan apa pun yang tersaji di depan mata kita begitu indah. Bahkan sekadar warga lokal yang tengah berjalan atau bercengkrama terlihat sebagai momen yang tak boleh dilewatkan. Jika ingin mengabadikannya, jangan lupa meminta izin terlebih dahulu untuk menghormati penduduk lokal.

Temukan Beragam Paket Liburan Seru untuk Kamu di Sini

  1. Hormati tradisi dan kepercayaan setempat

Jika kamu kebetulan melihat atau menonton tradisi maupun mengetahui kepercayaan setempat, hormatilah setinggih-tingginya. Ingatlah jika Via Vrens lah yang sedang menjadi tamu. Jika ada hal-hal yang kamu rasa sedikit berbeda, cukup memendamnya dalam hati dan jangan memperdebatkannya.

 

  1. Pelajari kosakata dasar dalam bahasa setempat

Via Vrens juga harus menguasai beberapa kosakata dasar yang penting dalam bahasa setempat destinasi wisatamu. Hal ini akan sangat membantumu untuk berinteraksi dengan warga setempat.

 

  1. Dukung toko dan seniman lokal

Untuk menjaga keberlangsungan destinasi dan perekonomian, kamu bisa berkontribusi juga. Cukup dengan membeli cindera mata atau souvenir dari toko-toko lokal. Kamu juga bisa mengapresiasi karya seniman-seniman lokal yang juga menjual hasil karyanya.

 

  1. Segera melapor jika ada eksploitasi anak

Kamu juga bisa ikut menjaga keberlangsungan suatu kawasan pariwisata dengan melaporkan adanya pelanggaran hukum. Apa lagi, jika pelanggaran yang terjadi bersangkutan dengan anak. Segera laporkan agar dapat tertangani dengan cepat.

 

Cek info dan promo dari Via dengan klik di sini.

Klik di Sini dan Temukan Beragam Promo Menarik dari Via

Leave a comment

Newsletter subscribe