January 24, 2023 2 min to read

7 Oleh-Oleh Khas Turki yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Category : Culture, Destination, Holiday, Travel Tips

Turki, negara yang terletak di antara benua Eropa dan Asia serta memiliki sejarah yang unik, agaknya selalu pas dijadikan tujuan untuk berwisata. Mulai dari sisi klasik di Istanbul hingga kecantikan alam di Cappadocia, keindahannya tak perlu diragukan lagi. Dengan segala pesona yang ada, momen liburan seru dijamin akan hadir kalau Via Vrens liburan ke Turki.

Temukan Beragam Info dan Promo Menarik di Sini, Vrens!

Buat kamu yang bersiap liburan ke Istanbul, Pamukkale, Cappadocia, dan kawasan-kawasan manis di Turki lainnya, ada beberapa hal yang gak boleh kamu lewatkan. Salah satunya adalah oleh-oleh atau cendera mata, entah untuk dirimu atau orang spesial lainnya. Turki punya banyak pilihan cendera mata unik yang wajib kamu bawa pulang, lho!

Vrens, ini dia 7 oleh-oleh khas Turki yang wajib kamu bawa pulang.

  1. Nazar Boncugu

Oleh-oleh pertama yang wajib kamu tahu dan dibawa pulang adalah The Blue Eyes. Nazar Boncugu atau mata biru memiliki bentuk layaknya mata berwarna biru yang dipercaya dapat menangkal bahaya. Aksesoris mata biru khas Turki ini bisa dijadikan gantungan kunci, di gantung di dinding rumah, dan sebagainya.

  1. Baklava

Baklava adalah kudapan khas yang wajib Via Vrens bawa pulang. Cita rasa kacang pistachio khas Turki jadi ciri khas yang membuat rasanya ngangenin. Selain itu, roti keringnya pun memberikan rasa unik yang pas di lidah. Makanan ini bisa dinikmati bersama teh atau kopi.

  1. Tukrish Delight

Kudapan lainnya yang bisa kamu nikmati dan dibawa pulang adalah turkish delight atau manisan khas Turki. Isinya bisa bermacam-macam, mulai dari kacang-kacangan, kayu manis, lemon, coklat, dan lain-lain. Makanan satu ini konon sudah ada sejak abad ke-18 dan terkenal dengan rasanya yang khas.

Ada Beragam Paket Liburan Seru di Sini
  1. Saffron

Saffron adalah tanaman kering yang banyak tumbuh di Turki. Tumbuhan ini dapat dimanfaatkan untuk diracik dengan makanan dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Via Vrens rasanya wajib membawa pulang saffron karena berkhasiat untuk meredakan gejala gangguan saraf, meredakan depresi, dan masih banyak lagi.

  1. Lampu Kaca

Kalau kamu masuk ke pasar tradisional di Istanbul, yakni Grand Bazaar, banyak lampu-lampu kaca yang digantung akan menyambutmu. Aksesoris sekaligus perabotan rumah tangga ini cocok dijadikan cendera. Dengan nuansa klasik dan sentuhan seni khas Turki, lampu-lampu ini bisa memberikan kenyamanan khas Turki di rumahmu.

  1. Keramik

Kerajinan gerabah atau keramik juga dikenal jadi salah satu benda khas Turki. Berbagai kawasan di sana terkenal memproduksi gerabah, salah satunya adalah Cappadocia. Keramik-keramik berupa piring, mangkuk, gelas, dan bentuk-bentuk lainnya bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk orang-orang tersayang.

  1. Karpet

Via Vrens pasti tahu kalau karpet dari Turki begitu terkenal karena kualitasnya yang baik dan motifnya yang cantik. Memang, benda satu ini terkesan akan merepotkan untuk dijadikan oleh-oleh. Tapi, kalau kamu bisa menyiasatinya, karpet khas Turki wajib kamu bawa pulang! Untuk teman-teman muslim, kamu bisa memilih sajadah yang bentuknya lebih kecil, namun motifnya tetap manis.

Yuk, jalan-jalan ke Turki! Cek update infonya dengan klik di sini.

Beragam Promo Menarik untuk Kamu Ada di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe