July 4, 2017 3 min to read

7 Diving Spot Terbaik di Indonesia

Category : Destination, Holiday

Berenang dengan bebas di lautan dengan ikan-ikan… Unless you don’t like water, ide yang satu ini bakalan seru banget buat liburan. Indonesia diberkahi lautan yang luar biasa kaya dan indah, sebagai orang Indonesia sejati, yuk kita selami lautannya. Laut mana aja sih yang paling cantik dan worth it buat jadi spot diving di Indonesia? Ini dia rekomendasi versi Via…

 

Raja Ampat, Papua Barat

Bisa berenang bersama 75% jenis ikan yang ada di dunia dengan terumbu karang terbaik? Raja Ampat juaranya! Hands down, keindahan bawah laut Raja Ampat Papua Barat sangat mempesona hingga terkenal ke mancanegara. Bagaimana tidak, di Raja Ampat terdapat sekitar 1500 spesies ikan, 537 jenis koral, dan 699 makhluk hidup tak bertulang belakang yang bisa kamu temui saat menyelam di perairan Raja Ampat. Saat kamu diving disini, sebisa mungkin jangan menyentuh terumbu karangnya secara langsung yaa agar kelestariannya tetap terjaga.

 

Wakatobi, Sulawesi Utara

Pulau yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfer Dunia ini memiliki keanekaragaman biota laut yang luar biasa. Di Wakatobi terdapat 750 jenis koral dan 25 buah gugusan terumbu karang. Kedalaman airnya mencapai hingga 1.044 meter dengan jarak pandang hingga 80 meter. Berbeda dengan Raja Ampat, arus perairan di Wakatobi relative lebih tenang. Saat kamu diving di Wakatobi, kamu akan disuguhkan dengan panorama bawah laut yang indah, terumbu karang yang terawatt dengan baik dan ratusan jenis ikan. Keren banget!

 

Bunaken, Sulawesi Utara

Diving spot yang terletak di Teluk Manado ini juga menawarkan pesona bawah laut yang sangat mengagumkan. Taman Laut Bunaken bahkan mendapatkan predikat sebagai salah satu taman laut paling indah di dunia dan sering didatangi para divers Internasional. Biota laut di Taman Laut Bunaken sangat beragam, mulai dari terumbu karang, lumba-lumba, ikan duyung, hingga ratusan spesies ikan lainnya. Taman Laut Bunaken memiliki 20 dive spot dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter.

 

Karimunjawa, Jawa Tengah

Gugusan kepulauan yang berada di Jawa Tengah ini memiliki 27 pulau yang bisa kamu kunjungi dan dijadikan diving spot. Karimunjawa memiliki kurang lebih 30 titik penyelaman yang kedalaman nya bervariasi, antara 5 sampai 40 meter. Arus perairannya pun bervariasi. Meskipun membutuhkan effort yang lumayan lebih untuk bisa ke Karimunjawa, namun semua usaha kamu akan terbayar dengan keindahan bawah lautnya. Kamu dapat menyelam di air yang sangat jernih dan menemukan beragam jenis terumbu karang, ratusan jenis ikan dan satwa laut, hingga penyu hijau dan penyu sisik. Beberapa rekomendasi spot diving yang bisa kamu kunjungi adalah Pulau Tengah, Pulau Menjangan, Pulau Cemara Besar dan Pulau Kecil.

 

Sabang, Aceh

Keindahan bawah laut Indonesia benar-benar dari Sabang ke Merauke. Tak hanya Raja Ampat yang menjadi salah satu spot diving terbaik di Indonesia, Sabang juga memiliki kekayaan biota laut yang luar biasa indah. Ibu Kota dari Pulau Weh, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam ini memiliki sekitar 20 diving spot yang sudah terkenal hingga ke turis mancanegara. Cobain deh diving di spot paling populer yaitu “The Canyon”, yang memiliki struktur batu vulkanik bawah laut dengan kedalaman mencapai 70 meter. Ada juga spot Batee Tokong dan Sophie Rickmers yang tak hanya menawarkan pemandangan spesies laut dan terumbu karang tapi juga terdapat bangkai kapal sepanjang 134 meter yang tenggelam pada tahun 1940-an.

 

Pulau Komodo, NTT

Tidak hanya terkenal dengan pink beach yang memiliki pasir berwarna merah mudanya saja, pulau Komodo juga menawarkan pesona keindahan bawah laut yang sangat cantik. Untuk kamu yang ingin melihat Manta (jenis ikan Pari), kamu bisa mulai menyelam dari Manta Point. Tidak hanya untuk melihat manta, disini kamu juga bisa berenang bersama berbagai macam jenis ikan seperti ikan badut, penyu, hingga barakuda. Selain Manta Point, kamu juga bisa diving di Pantai Merah, Batu Bolong atau Tatawa Besar. Be careful, arus perairan disini lumayan kuat, sehingga sebaiknya kamu diving bersama guide yaa.

 

Bali

Ngomongin keindahan laut di Bali gak akan ada habisnya. Khusus untuk diving, Bali memiliki beberapa diving spot yang recommended buat kamu, beberapa di antaranya adalah Nusa Penida, Nusa Lembongan, Sanur dan Pulau Menjangan. Untuk kamu yang masih kelas pemula dalam hal diving, kamu bisa mulai menyelam di Tanjung Benoa. Kamu akan tetap disuguhi keindahan taman laut, ikan-ikan dan koral cantik di kedalaman 7 meter bawah laut.

 

Sebelum menjelajah keindahan alam bawah laut Indonesia, disarankan untuk mempersiapkan segala perlengkapan diving dan juga kesehatan diri kamu agar liburan kamu tetap fun dan terhindar dari hal-hal membahayakan. Jangan lupa juga untuk pesan penginapan di destinasi liburan kamu  dari jauh hari agar persiapan kamu lebih matang dan kamu bisa istirahat setelah diving. Pesan hotel di via.com buat dapetin harga yang lebih terjangkau. Jangan lupa juga untuk jaga kelestarian alam bawah laut dan tidak merusak terumbu karang saat kamu menyelam yaa Vrens. Happy diving!

Leave a comment

Newsletter subscribe