June 22, 2017 3 min to read

7 Destinasi Mudik Paling Populer!

Category : Destination, Holiday

Sebentar lagi hari raya yang paling ditunggu-tunggu umat Muslim akan datang. Yap, Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tinggal menghitung hari. Seperti yang kita ketahui, di negeri kita tercinta ini pada beberapa hari sebelum lebaran akan diwarnai dengan fenomena mudik atau pulang kampung. Para perantau dan pencari nafkah di kota lain akan memanfaatkan libur panjang dalam momen lebaran untuk bisa bertemu dengan keluarga tercinta di kampung halaman.

Bagaimana dengan kamu, Vrens? Apa sudah siap-siap mau mudik ke kampung halaman? Tahu gak sih, ada beberapa kota di Indonesia yang menjadi destinasi mudik paling populer dan paling ramai didatangi para pemudik. Karena banyaknya orang yang berbondong-bondong pulang ke kota-kota tersebut, pesan tiket pesawat dan book kamar hotel di kota-kota itu pun jadi harus dilakukan dari jauh hari. Buat yang nggak mudik justru harus sabar-sabar kalau mau liburan ke kota-kota berikut, karena pastinya bakal dipenuhi banyak orang. Penasaran? Via.com mau ngasih tau tujuh destinasi mudik yang paling populer di Indonesia, versi data tiket pesawat mudik dengan Via.com.
Medan

Kota dari bolu gulung dan bika ambon ini juga menjadi tujuan mudik yang populer. Banyaknya perantau dari kota Medan di ibukota membuat kota ini langsung ramai didatangi pada saat musim lebaran. Kamu yang mudik kesini jangan sampai melewatkan tempat wisata di Medan yang menarik seperti Istana Maimun dan Masjid Agung Medan yaa. Beli oleh-oleh juga jangan lupa yaa, baik yang oleh-oleh Medan asli maupun yang kekinian, enak semua!
Surabaya

Kota terbesar ke-dua di Indonesia ini juga menjadi tujuan mudik paling populer. Meskipun kotanya hampir sama dengan Jakarta, dimana banyak perkantoran dan pusat perbelanjaan khas kota metropolitan, penduduk kota ini juga banyak yang mencari peruntungan di kota lain—terutama Jakarta, dan pada saat mudik momen ini dimanfaatkan untuk kembali lagi ke Surabaya.
Padang

Tahukah kamu kalau istilah “merantau” berasal dari Padang? Sesuai dengan istilah populernya, penduduk kota Padang (dan sekitarnya) banyak sekali yang merantau ke berbagai kota di Indonesia untuk mendapatkan rezeki dan  peruntungan. Berbagai tempat makan dan pusat perbelanjaan di Ibukota pun didominasi dengan orang Padang. Maka jangan heran, saat musim mudik akan banyak sekali orang Padang yang kembali ke kampung halaman, tiket pesawat ke Padang akan segera sold out dalam waktu sekejap, hingga jalur darat pun juga akan dipenuhi kendaraan yang menuju ke kota rendang ini.

 

Bali

Tidak hanya populer sebagai destinasi wisata yang mendunia, Bali juga ternyata menjadi tujuan mudik yang paling banyak dikunjungi. Meskipun bukan umumnya buat destinasi mudik, tapi saat mudik seperti ini, Bali tetap ramai untuk dijadikan tujuan perjalanan, lho. Kayaknya mudik ke Bali itu seperti menyelam minum air; Lebaran sekaligus liburan. Win-win solution!
Yogyakarta

Hanya berjarak sekitar 45 menit dari Jakarta dengan jalur udara atau 8 jam dengan kereta, kota Batik ini setiap tahun menjadi kota yang konsisten dikunjungi para pemudik setiap tahunnya. Buat kamu yang mudik ke Jogja, lumayan bisa sekalian jalan-jalan ke tempat wisata hits di Jogja seperti Kalibiru, Candi Ratu Boko, dan menikmati kuliner khas Jogja juga.
Makassar

Tidak hanya daerah Sumatera dan Jawa saja, Kota Makassar yang terletak di Sulawesi Selatan ini juga menjadi destinasi populer untuk bermudik-ria. Meskipun lokasinya lumayan jauh dari DKI Jakarta, tapi hal ini nggak menyurutkan semangat mudik orang-orang yang berasal dari Makassar. Biar lebih memacu semangat mudik, kamu yang mudik ke Makassar harus puas-puasin wisata kuliner di Makassar nih; pisang epe, coto Makassar, sop konro, pallu basa hingga mie titi semuanya wajib buat dilahap!
Pekanbaru

Kota Pekanbaru juga masuk ke dalam daftar destinasi populer untuk mudik lho. Berjarak tempuh 1,5 jam dari Jakarta dengan pesawat, Pekanbaru menjadi tujuan pulang kampung favorit para warga yang merantau ke kota lain. Jika kamu mudik ke Pekanbaru, kamu dapat sekaligus melakukan wisata alam dan sejarah selama di kota ini.

 

Kemanapun tujuan mudik kamu, yang paling penting adalah jaga selalu kesehatan dan keselamatan diri selama perjalanan. Perhatikan juga barang bawaan kamu dan keamanan rumah yang kamu tinggalkan selama kamu pergi mudik. Kalau kamu setelah lebaran ingin lanjut berlibur, rajin-rajin cek promo mudik dari Via.com yaa, lumayan bisa pesan kamar hotel, pesan tiket pesawat, dan beli tiket kereta dengan harga murah dan cara yang mudah! Have a safe trip and take care yaa Vrens!

Leave a comment

Newsletter subscribe