November 23, 2017 4 min to read

6 Tempat Wisata Terbaik di Turki

Category : Destination, Holiday

Siapa yang tidak tahu Turki? Turki menjadi salah satu negara favorit untuk dikunjungi, Vrens! Negara ini memiliki daya tarik yang khas, yaitu keindahan alam dan juga tempat-tempat yang memiliki cerita sejarah yang panjang dan sangat menarik. Bangunan-bangunan di Turki memiliki keunikan hasil dari perpaduan antara Eropa dan Asia. Penasaran? Yuk simak rekomendasi tempat wisata terbaik di Turki!

Pamukkale Travertines

Source: wondersofturkey.files.wordpress.com

Semua orang pasti terkesima melihat Istana kapas ini. Istana Kapas ini biasa disebut dengan Travertines. Ada yang tau Travertines itu apa? Jadi itu adalah teras mineral karbonat yang terbentuk pada permukaan bukit akibat aliran air. Teras- teras ini berwarna putih seperti kapas dan terlihat indah dengan kolam-kolam berwarna biru. Tak heran jika keajaiban ini disebut Istana Kapas (Pamukkale) oleh penduduk Turki. Kapan lagi kamu bisa melihat keindahan alam ini? Tempat ini wajib jadi destinasi yang dikunjungi saat kamu tur internasional ke Turki.

Hagia Sophia

Source: tourketurki.com

Bangunan ini bernama Hagia Sophia, yang menjadi landmark kota Istanbul, Turki. Tapi, ada yang tau gak kira-kira ini bangunan apa? Bangunan ini merupakan gereja, masjid, dan museum. Loh kok bisa gitu ya? Jadi fungsi dari bangunan ini berganti-ganti pada zamannya, Vrens.

Dahulu, pada tahun 324 Kaisar Konstantin memindahkan ibukota Romawi Timur ke kota ini dan disebut dengan Byzantium. Saat itu kaisar Byzantium banyak membangun gereja dan katedral dan yang paling mewah yaitu Hagia Sophia sebagai Holy Wisdom Church.

Lalu sekitar tahun 1453, Sultan Mehmed melakukan serangan umum, dan menembus tembok Konstatinopel. Sejak saat itulah Hagia Sophia menjadi Masjid. Seiring berjalannya waktu pada tahun 1935 ketika Turki menjadi negara Republik, presiden Mustafa Kemal Ataturk, memerintahkan untuk mengubah Hagia Sophia menjadi sebuah museum. Keren banget ya, selain bangunan ini sangat indah, juga memiliki banyak sejarah!

Caravan Saray

Source: wha.com.tr

The Sultanhani Caravan Saray merupakan peninggalan Kesultanan Turki Saljuk, yang dikenal sebagai caravan saray terbesar di Anatolia, Turki. Bangunan ini mempertemukan para pedagang di masa lalu, dan menjadi lokasi yang sangat menarik untuk dikunjungi, Vrens! Tempat ini terdiri dari dua bagian, bagian pertama dipergunakan ketika musim panas tiba. Bagian lain dikhususkan untuk musim dingin. Luas bagian pertama mencapai 4.868 meter persegi dan memiliki sebuah masjid kecil. Indah sekali design bangunan ini ya? Asik banget ya kalau bisa liburan ke Turki, cocok banget untuk ide liburan akhir tahun, apalagi kalau menggunakan paket tur murah luar negeri!

Goreme Open Air Museum

Source: rustytraveltrunk.com

Goreme Open Air Museum adalah tempat yang paling populer di Goreme. Tempat ini sebenarnya adalah kompleks gereja dan biara yang berasal abad ke 11. Gereja-gereja yang ada di kompleks ini dibangun dari bukit bebatuan lunak khas Cappadocia. Gereja-gereja ini tidak lagi berfungsi sebagai tempat ibadah, tapi sebagai museum. Keindahan dan kekayaan sejarah tempat ini menjadi daya tarik yang sulit dilewatkan ketika berkunjung ke tempat ini.

 

Ataturk Mousoleum

Ataturk Mousoleum merupakan makam pendiri sekaligus Presiden pertama Republik Turki, Mustafa Kemal Atatürk, Anitkabir. Anitkabir adalah simbol Mustafa Kemal Ataturk dan Republik Turki. Jadi, ketika Atatürk meninggal 10 November 1938, jasadnya sementara waktu dimakamkan di Museum Etnografi, Ankara. Tahun 1941 pemerintah Turki mengumumkan kompetisi internasional merancanag monumen makam untuk Atatürk, yang terpilihlah rancangan milik arsitek Profesor Emin Onat dan asistennya, Profesor Ahmet Orhan Arda.

Bangunan ini sendiri memiliki empat bagian utama dari Anitkabir, yaitu Jalan Singa, lapangan terbuka Victory Square, The Hall of Honor/Aula Kehormatan (lokasi makam Atatürk), dan taman perdamaian yang mengelilingi monumen.Makam Atatürk terletak tepat di bawah sarkofagus seberat 40 ton di lantai dasar The Hall of Honor, sedangkan mayat Atatürk dimakamkan di dalam kamar makam khusus di tingkat bawah tanah. Vrens, bangunan ini punya sejarah yang unik ya! Destinasi ini wajib kamu kunjungi buat liburan akhir tahun 2017 nih, Vrens!

 

Topkapi Palace

Topkapi Palace ini adalah sebuah museum, tapi dulunya tempat ini menjadi pusat pemerintahan Turki sekaligus istana yang menjadi salah satu peninggalan Turki Ustmani dan tempat tinggal Sultan Usmaniyah. Tempat ini berlokasikan di pinggir pantai selat Bosphorus dan berada tidak jauh dari Hagia Sophia.

Topkapi palace ini sendiri memiliki luas sekitar 700.000 meter persegi dan dikelilingi benteng sepanjang sekitar 5 kilometer. Wow! Disini kita bisa menikmati keindahan bangunan kesultanan jaman dahulu, mulai dari keramik dengan berbagai motif indah, kaligrafi di dinding-dinding setiap ruangannya, perhiasan dan masih banyak lagi.

Pasti daritadi udah kebayang-bayang ya buat liburan ke Turki? Tapi cuma punya waktu singkat dan budget yang pas-pasan? Gak perlu berkecil hati, Vrens! Kamu bisa loh ikut promo paket tour murah luar negeri 2017 dari via.com. Karena dari tanggal 20 Nov 2017 – 06 Mar 2018 tersedia paket liburan Turkey Tulip Festival Tour! Dari paket liburan murah ini kamu bisa dapetin 10 hari liburan ke Turki, dengan itinerary lengkap, serta mendatangi banyak tempat bersejarah dan wisata alam disana, bisa kamu dapatkan hanya spesial dengan harga mulai dari Rp 15.300.000/pax di via.com! Liburan ke Turki jadi lebih hemat, praktis dan berkesan deh!

Leave a comment

Newsletter subscribe