November 14, 2017 3 min to read

6 Stadion Terbaik di Dunia

Category : Destination, Holiday

Kamu pecinta bola? Pernah tidak kamu punya cita-cita untuk datang langsung ke stadion maskas klub favoritmu? Saat ini stadion bola ada di berbagai negara, namun hanya beberapa diantaranya yang spektakuler, dari segi material bangunan, design, kapasitas penonton, sejarah, serta maskas klub-klub bola yang terkenal. Mau tau dimana aja stadion terbaik di dunia? Yuk disimak aja!

The Azadi Stadium, Teheran

SOURCE: GOOGLE

Azadi Sport Complex sendiri telah digunakan untuk 7 Asian Games. Dengan luas tanah 450 Ha dan terletak di barat Teheran. Stadion Azadi merupakan stadion nasional utama Iran. Kira-kira apa ya yang spesial dari stadion ini? Kamu bayangkan saja stadion ini dengan kapasitas 100.000 tempat duduk untuk penonton dan menjadi stadion kebanggaan penduduk Iran.

Soccer City, Johannesburg

SOURCE: 2010 FIFA World Cup Organising Committee South Africa

Stadion tidak hanya sekedar tempat orang bermain sepakbola, namun di balik itu, tempat itulah yang menjadi saksi bisu sejarah dunia. Salah satunya adalah stadion ini menjadi saksi sejarah Spanyol meraih gelar juara dunia pertamanya pada Piala Dunia 2010. Stadion ini pun menjadi salah satu contoh arena olahraga yang sangat tertata dengan baik di dunia. Stadion Soccer City di Johannesburg ini menjadi stadion terbesar di Afrika, dengan kapasitas tempat duduk lebih dari 90.000 orang.

Santiago Bernabeu, Madrid

SOURCE: GOOGLE

Seperti yang kita tahu bahwa klub sepakbola, Real Madrid merupakan klub tersukses di dunia saat ini! Nah, yang menjadi stadion kandang klub sepak bola Madrid ini bernama Santiago Bernabeu, menjadi stadion yang megah dan dapat menampung 85.000 penonton!

Nah, kira-kira apa ya yang membuat stadion ini megah? Bernabeu memiliki fasilitas super mewah, mulai dari delapan lift, 3.300 kursi untuk penonton VVIP, Restaurant yang sangat fancy, juga museum club. Bagi pemain klub lainnya, apalagi dari klub-klub lebih kecil, pasti akan merasa Stadion Berbabeu ini sangat megah dan sangat berkelas. Tidak hanya untuk para pemain, bagi para journalist atau wartawan, mereka juga diperlakukan sangat baik, serta ruangan untuk para media seperti sebuah teater dengan kursi yang nyaman . Stadion ini berlokasikan di jantung Kota Madrid, namun secara spesifik, stadion ini terletak di distrik Chamartin.

Camp Nou, Barcelona

SOURCE: GOOGLE

Siapa pecinta klub Barcelona disini? Pasti kalian tahu bahwa stadion ini merupakan markas kebanggaan dari kesebelasan FC. Barcelona. Semua orang telah mengakui kemegahannya. Sejak dari tahun 1957, stadion ini sudah dibuka loh, Vrens! Dan kapasitasnya mencapai 98.772 kursi penonton.

Padahal dulunya markas FC Barcelona di Les Corts. Stadion berkapasitas 48.000 penonton, tetapi sempat menjadi tempat mentas para pemain Blaugrana selama beberapa musim. Namun, tuntutan perkembangan di sepakbola membuat FC Barcelona membuat stadion baru.

Old Trafford, Manchester

SOURCE: GOOGLE

Ayo, kira-kira Stadion Old Trafford ini maskas klub apa? Stadion ini merupakan markas klub sepak bola Manchester United, Vrens! Berlokasikan di Old Trafford, Greater Manchester, Inggris.  Nah, kapasitas kursinya itu sendiri sebanyak  75.635 kursi. Faktanya, stadion ini merupakan stadion terbesar urutan ketiga dan stadion sepak bola terbesar kedua di Inggris.

Ada kabar gembira, karena manajemen Manchester United dikabarkan akan segera memperluas area stadion dan juga menambah kapasitas stadion kebanggaan publik Manchester, Old Trafford. Old Trafford dan akan disulap menjadi stadion terbesar kedua di Eropa yang dimiliki oleh klub. Kapasitas yang awalnya semula sekitar 76.000 penonton akan ditambah, menjadi 88.000 penonton. Sehingga Old Trafford akan unggul dari Santiago Bernabeu dengan 85.454 kursi dan hanya kalah dari Camp Nou dengan kapasitas 99.354 penonton.

Wembley, London

SOURCE: GOOGLE

Stadion Wembley merupakan stadion kebanggaan Inggris resmi yang resmi dibuka pada tahun 2007. Bayangkan, stadion ini memiliki kapasitas sebanyak 90.000 orang, dan menjadi stadion paling mahal pembuatannya. Konstruksi baja yang digunakan mencapai angka 99.000 ton. Dan dapat dikatakan, stadion Wembley ini menjadi landmark kota London

Padahal, sempat dikhawatirkan stadion tidak akan berhasil karena seharusnya deadline stadion baru adalah 2006 bersamaan dengan gelaran final FA Cup pada tahun itu. Adapun masalah yang harus dihadapi adalah pipa pembuangan yang goyah di dalam pondasi, lalu beberapa baja jatuh dari atap. Masalah lainnya adalah konstruksi lengkungan sepanjang kurang lebih 300 meter yang sulit untuk dibangun. Namun masalah itu sudah diatasi dan Wembley yang baru akhirnya resmi dibuka pada tahun 2007. Wow!

So that’s it Vrens! Kamu bisa mengunjungi beberapa Stadion tersebut ke kota tujuanmu bersama keluarga, teman dan pasanganmu. Disaat liburan, selain mengunjungi stadion kamu juga bisa datang ke tempat wisata lainnya di kota atau negara yang sama! Buat kamu yang belum punya tiket pesawat ke London, Menchester, Barcelona, Madrid, Johannesburg, dan Teheran, kamu gak perlu sedih karena via.com ngasih promo tiket pesawat murah pulang pergi ke kota-kota tersebut dengan Etihad Airways, Yuk cek promo tiket pesawat dari Etihad Online Travel Fair sekarang dan pesan sebelum tanggal 19 November 2017, hanya di via.com, your travel partner!

Leave a comment

Newsletter subscribe