October 26, 2017 2 min to read

6 Kuliner Khas Makassar Paling Enak!

Category : Culinary, Destination, Holiday

Tidak diragukan lagi, Kota Makassar merupakan salah satu surga kuliner di Indonesia. Makassar memiliki ragam kuliner yang bervariasi dan unik, pastinya akan dapat memanjakan lidah para wisatawan. Dari banyaknya makanan lezat yang ada di Makassar, berikut merupakan ulasan 6 kuliner khas Makassar paling enak yang sayang jika dilewatkan ketika kamu mampir ke Kota Angin Mammiri iniā€¦

 

Mie Titi

(Source: Pinterest)

Mie Titi merupakan salah satu kuliner yang wajib disantap ketika mengunjungi Kota Makassar. Mie Titi adalah mie kering yang disiram dengan kuah kental yang dibuat dari tumisan sayur, daging dan campuran telur. Mie Titi yang paling terkenal terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar. Per porsinya, mie ini dapat dinikmati hanya dengan mengeluarkan biaya sekitar 18.000-an saja.

 

Pallubasa Serigala

(Source: Google)

Pallubasa adalah salah satu kuliner yang paling khas di kota Makassar. Pallubasa sedikit mirip dengan coto, namun kuahnya berbeda karena lebih kental dan menggunakan serbuk kelapa sangrai. Daging yang digunakan adalah campuran daging sapi (atau kerbau) dan jeroan, yang dihidangkan dengan telur setengah matang. Salah satu pallu basa yang paling terkenal di Makassar adalah Pallu Basa Serigala yang terletak di Jalan Serigala no 54, Makassar. Dengan Rp15.000-20.000 saja Pallubasa ini sudah bisa dinikmati, lebih nikmat lagi jika disantap dengan nasi putih hangat, lho.

 

Sop Saudara

(Source: Good Indonesian Food)

Sop Saudara juga merupakan kuliner Makassar yang khas dan terkenal kelezatannya. Sop saudara adalah sop daging dengan kuah rempah-rempah, disajikan dengan perkedel, bihun, telur dan jeroan. Sop saudara yang paling terkenal dan memiliki rasa khas dapat ditemukan di Jalan Irian. Harganya sangat affordable dan sangat sayang jika dilewatkan.

 

Coto Makassar Nusantara

(Source: Hello Pet)

Dari namanya saja tentunya sudah dapat terlihat bahwa kuliner ini merupakan khas Makassar. Kuliner Makassar yang paling terkenal dan familiar ini dapat dengan mudah ditemui dimana saja. Meski begitu, salah satu yang paling recommended adalah Coto Nusantara yang berlokasi di Jalan Nusantara. Coto Makassar menggunakan bumbu rempah untuk kuahnya dan menggunakan daging yang dicampur jeroan, atau daging saja jika tidak menyukai jeroan. Rasanya belum sah ke Makassar kalau belum menyantap kuliner ini

 

Iga Bakar dan Sop Konro Karebosi

(Source: Google)

Kuliner yang satu ini sudah memiliki banyak fans dari kota-kota lain di Indonesia. Di Jakarta saja kuliner ini sudah merambah di beberapa cabang. Namun rasanya akan lebih afdol jika menikmati Iga Bakar dan Sop Konro Karebosi langsung dari pusatnya. Sop Konro dimasak dengan kuah yang gurih dan segar, sedangkan iga bakar dipadukan dengan kuah kacang khas Makassar. Wajib coba banget deh pokoknya.

 

Pisang Epe

(Source: Google)

Kudapan khas Makassar yang satu ini bisa dengan mudah ditemui di Makassar. Pisang epe merupakan pisang kepok muda yang dipipihkan lalu dibakar, biasanya disajikan dengan lelehan gula merah, atau kini seiring dengan berkembangnya jaman topping pun bertambah dengan berbagai pilihan rasa, seperti keju, cokelat, hingga blueberry.

 

Well, Vrens, ada banyak banget kan kuliner khas Makassar yang recommended banget untuk dinikmati? Harganya yang sangat terjangkau dan citarasanya yang sudah pasti menggugah selera tentunya akan sangat sayang jika dilewatkan. Gak berada di sekitar Makassar? Tenang aja, kamu bisa cari tiket pesawat ke Makassar dengan harga terbaik dari via.com, your travel partner! Selamat kulineran dan liburan!

Leave a comment

Newsletter subscribe