November 17, 2022 2 min to read

6 Fakta Unik Piala Dunia Qatar 2022

Category : Destination, Holiday

Vrens, gak terasa Piala Dunia 2022 akan dimulai pada akhir pekan ini. Kamu akan segera menjadi saksi gelaran Piala Dunia yang konon digadang-gadang sebagai event olahraga termahal yang pernah terselenggara di dunia.

Ada Beragam Paket Liburan Seru di Sini
  1. Gelaran Piala Dunia Termahal

Jika kamu mendengar rumor bahwa Qatar menyiapkan begitu banyak dana untuk Piala Dunia ini, hal itu memang benar adanya. Qatar dilaporkan menggelontorkan dana hingga US$ 220 Miliar atau setara dengan Rp 334 Triliun. Dana ini digunakan untuk pembangunan stadion-stadion baru, infrastruktur penunjang, hiburan, hingga fasilitas mewah untuk tim dan ofisial.

  1. Piala Dunia Kedua di Asia

Gelaran Piala Dunia biasanya diselenggarakan di benua Eropa atau Amerika. Edisi kali ini memang pertama kalinya bertuan rumah di Asia Barat atau Timur Tengah. Namun, Qatar bukanlah tuan rumah pertama di Asia melainkan pada 2002 atau 20 tahun lalu Jepang bersama Korea Selatan pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia dengan menyediakan 20 stadion di kedua negara.

  1. Piala Dunia Pertama Timnas Qatar

Dengan status sebagai Tuan Rumah penyelenggara, Tim Nasional Sepak Bola Qatar pun lolos otomatis ke Piala Dunia. Qatar akan ikut mewakili negara-negara Asia di bawah naungan AFC dan berada satu grup dengan Ekuador, Senegal, dan Belanda. Pertandingan perdana di Piala Dunia melawan Ekuador akan diselenggarakan di Stadion Al Bayt, Al Khor.

Beragam Promo Menarik untuk Kamu Ada di Sini

  1. Stadion-stadion Penyelenggara yang Canggih

Bukan hanya berdesain megah futuristik dengan sentuhan Timur Tengah, stadion-stadion di Qatar juga ditanamkan teknologi-teknologi canggih. Salah satu stadion penyelenggara, Ras Abou Abud Stadium atau Stadium 974, memiliki atap yang bisa dibuka-tutup dan bisa dibongkar-pasang untuk dipindahkan lokasinya. Selain itu, semua stadion memiliki teknologi yang dapat menjaga suhu agar tidak terlalu panas dan dapat menguras fisik para pemain.

  1. Jarak Antarstadion Dekat

Keuntungan perhelatan Piala Dunia kali ini adalah jarak antarstadion yang cukup dekat. Para peserta hanya butuh jarak tempuh sejauh 10 Km dari satu stadion ke stadion lainnya. Akomodasi penginapan dan latihan pun lokasinya masih dalam radius yang sama dan berpusat di Doha. Hal ini menjadikan peserta Piala Dunia Qatar 2022 tidak perlu melakukan penerbangan untuk menuju lokasi pertandingan.

  1. Jumlah Stadion Hanya 8

Qatar hanya menyediakan total 8 stadion yang akan menggelar seluruh pertandingan Piala Dunia. Kedelapannya, yakni Al Bayt Stadium, Al Janoub Stadium, Education City Stadium, Al Bayt Stadium, Al Thumama Stadium, Khalifa International Stadium Ahmad bin Ali Stadium, Lusail Stadium, dan Stadium 974.

Jumlah ini dapat dikatakan sangat sedikit. Sebagai perbandingan, pada gelaran sebelumnya di Rusia tahun 2018 ada 12 stadion, Brazil tahun 2014 juga sediakan 12 stadion, Afrika Selatan tahun 2010 menyediakan 10 stadion, dan Jerman pada tahun 2006 memiliki 12 stadion. Meski begitu, Qatar telah menjamin kedelapan stadion siap menggelar seluruh pertandingan dengan baik.

Yuk, saksikan langsung gelaran Piala Dunia Qatar 2022! Cek berbagai info dan promo menarik dari Via dengan klik di sini.

Temukan Beragam Info dan Promo Menarik di Sini, Vrens!

Leave a comment

Newsletter subscribe