February 18, 2021 3 min to read

5 TIPS LIBURAN NYAMAN SAAT MUSIM HUJAN

Category : Holiday, Travel Tips

Beberapa hari ini, daerah-daerah di Indonesia kerap diguyur hujan deras disertai dengan angin yang cukup kencang. Menurut BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), musim hujan di Indonesia dimulai bertahap pada akhir bulan Oktober lalu dan mengalami puncak nya di bulan Februari ini. Meski hujan terkadang dapat menghambat waktu liburan, tapi bukan berarti tidak bisa berlibur sama sekali, lho. Apalagi jika kamu sudah memiliki rencana dari jauh-jauh hari untuk liburan bersama keluarga maupun teman.

Supaya liburan kamu lebih nyaman, ada beberapa persiapan ekstra yang mesti dilakukan dan diperhatikan. Ini dia 5 tips liburan nyaman saat musim hujan versi Via.com Indonesia.

Siapkan Perlengkapan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, memutuskan untuk berlibur saat musim hujan tentu harus menyiapkan perlengkapan yang akan menunjang kenyamanan kamu nanti nya. Benda penting yang wajib untuk dibawa di antaranya adalah payung, jas hujan, handuk kecil dan sandal jepit. Kamu bisa memilih jas hujan dengan bahan yang tipis dan ringan, serta usahakan untuk tidak menggunakan jas hujan sekali pakai demi mengurangi limbah plastik. Sediakan pula tote bag anti air untuk pengganti kantong plastik, jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk menyimpan benda atau pakaian yang basah. Perlengkapan kebersihan seperti masker, tisu kering, tisu basah, hand sanitizer, dan sapu tangan juga wajib dibawa, mengingat pandemi yang masih mewabah dan mengharuskan kita untuk selalu menjaga kebersihan.

Kamu juga perlu membawa beberapa baju berbahan tebal seperti sweater, jaket, hoodie untuk menjaga mu agar tetap hangat dan menghindari kedinginan hingga masuk angin. Persiapkan juga alas kaki yang tahan air dan nyaman dipakai. Jangan sampai kamu salah memilih pakaian dan alas kaki saat liburan di musim hujan, Vrens.

Jaga Kondisi Tubuh

Ini menjadi hal penting utama yang harus kamu perhatikan. Jangan sampai saat kondisi tubuh lemah dan sakit, kamu tetap memaksakan untuk pergi berlibur. Saat musim hujan, daya tahan tubuh juga akan menurun dan rentan terkena penyakit. Itu mengapa, kamu harus pastikan untuk menjaga kesehatan tubuh dari jauh-jauh hari. Makan makanan yang bergizi dan tepat waktu, olahraga rutin, serta minum vitamin C. Kamu juga harus membawa obat-obatan serta vitamin saat mempersiapkan perlengkapan traveling. Obat-obatan dan vitamin akan menjadi penyelamat jika sewaktu liburan kamu mengalami flu, demam dan masuk angin akibat cuaca dingin.

Perhatikan Kondisi dan Cuaca Destinasi Tujuan

Sebelum pergi menuju destinasi liburan, ada baiknya untuk mengecek dahulu prakiraan kondisi serta cuaca di lokasi tersebut. Kamu bisa mengecek cuaca untuk seminggu kedepan melalui televisi, radio atau melalui website terkait seperti BMKG. Dengan mengecek terlebih dahulu, kamu bisa mengantisipasi kapan hujan akan turun. Hal ini juga sangat bermanfaat terutama jika kamu akan mengunjungi destinasi alam seperti pantai dan pegunungan. Demi menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan akibat kondisi cuaca yang tak menentu. Ingat lah bahwa keselamatan adalah hal yang paling utama.

Alternatif Destinasi Indoor

Jika kamu sudah memiliki list destinasi luar ruangan seperti gunung, pantai atau yang lainnya untuk dihabiskan saat liburan, tak ada salahnya untuk mempersiapkan juga alternatif destinasi indoor. Meski sudah mengecek perkiraan cuaca, namun terkadang hal tersebut tidak selalu akurat. Kamu bisa memilih wisata indoor menarik di wilayah destinasi kamu seperti museum, ragam landmark terkenal, taman bermain indoor atau pusat perbelanjaan. Jadi jika tiba-tiba hujan turun, kamu tidak perlu bingung lagi akan menghabiskan waktu di mana.

Nikmati Kuliner Hangat

Musim hujan memang sangat pas untuk menyantap makanan dan minuman yang dapat menghangatkan tubuh. Saat kamu liburan ke suatu daerah, coba lah untuk wisata kuliner dan mencicipi makanan dan minuman hangat khas di wilayah tersebut. Kamu bisa mencoba makanan hangat seperti soup, mie, atau minuman jahe dan teh. Hindari untuk menyantap camilan dingin seperti es krim. Kuliner yang hangat juga dapat membantu imun tubuh kamu menjadi lebih baik di saat cuaca hujan seperti sekarang ini.

Vrens, itu dia 5 tips yang bisa kamu lakukan jika ingin melakukan liburan saat musim hujan. Namun jika kondisi tubuh kamu tidak memungkinkan untuk liburan, alangkah lebih baik jika diam di rumah terlebih dahulu dan menunda perjalanan hingga kembali sehat. Selagi menunggu di rumah, kamu bisa mengunjungi portal Via.com Indonesia untuk melihat paket dan destinasi liburan menarik baik Domestik hingga Internasional, yang bisa kamu masukan dalam list traveling nanti.

LIBURAN SEKARANG

 

Leave a comment

Newsletter subscribe