April 28, 2017 5 min to read

5 Objek Wisata Bahari di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi

Category : Destination, Holiday

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari banyak pulau dan dikelilingi oleh lautan. Selain banyak pulau, banyak pula beragam seni dan budaya di Indonesia. Di samping itu, ada banyak rempah-rempah yang tersebar dan menjadi komoditas internasional.

Tempat wisata di Indonesia juga tak kalah menarik, malahan hingga kini popularitas Indonesia sebagai destinasi wisata semakin mendunia lho. Alam Indonesia memang kaya dan unik, terutama kekayaan bahari yang dimiliki Indonesia. Banyak tempat wisata bahari yang ada di berbagai pulau di Indonesia. Tempat wisata bahari ini banyak menyimpan banyak species ikan, trumbu karang, molusca, siput laut, dan banyak jenisnya lagi yang wajib untuk ditelusuri sembari diving atau snorkeling. Wisata bahari di Indonesia sangat mengasyikan, karena lautan dan biotanya yang indah, banyak wisatawan lokal hingga turis internasional mengunjungi pantai atau pulau di Indonesia untuk melihat berbagai keindahan dan surga bawah laut yang hanya terdapat di negeri tercinta ini.

Referensi wisata bahari yang ada di Indonesia sangat banyak, tapi biar gak penasaran Vrens bisa melihat referensi 5 Objek Wisata Bahari di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi versi Via.com:

 

  1. Pulau Kenawa, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB)

Pulau Kenawa merupakan pulau yang tidak berpenghuni yang terletak di wilayah Nusa Tenggara Barat. Pulau ini sangat indah dan menakjubkan, di tengah-tengah pulau juga terdapat hamparan padang rumput yang hijau, di samping kanan dan kiri pulau ada pasir putih yang bisa memberikan sensasi lembut pada kaki-kaki Vrens.

Pulau Kenawa ini adalah dataran rendah yang memiliki satu bukit serta tempat untuk beristirahat yang dinamakan saung. Tempat wisata ini sepi pengunjung, karena belum banyak yang menjelajahi pulau ini, padahal tempat wisata bahari di Kenawa benar-benar indah dan cocok disebut sebagai surganya wisata bahari. Karena banyaknya pulau di Indonesia, jadi ada banyak tempat wisata yang belum diketahui para wisatawan. Nah Pulau Kenawa dapat jadi referensi liburan kamu selanjutnya.

Bakalan asik banget kan Vrens, bisa melakukan kegiatan air seperti snorkeling, diving, atau hanya menikmati alam pulau Kenawa sambil berjemur.  Nikmati juga biru dan jernihnya air laut Kanawa dengan melakukan snorkeling. Snorkeling di sini akan seru banget karena Vrens dapat melihat ikan-ikan kecil dan terumbu karang yang indah. Untuk melihat lebih jelas lagi berbagai species ikan, koral, dan terumbu karang yang terdapat di sana, kamu bisa diving untuk menyelam ke perairan yang lebih dalam, Vrens. Untuk bisa ke Pulau Kanawa, kamu harus terlebih dahulu mendatangi Sumbawa, Vrens bisa langsung pesan tiket pesawat harga promo ke Sumbawa di Via.com.

 

  1. Pulau Derawan, Kalimantan Timur

Pulau Derawan adalah tempat wisata bahari yang tak kalah indah dibandingkan dengan tempat wisata bahari lainnya yang terdapat di Indonesia. Pulau Derawan yang terletak di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini banyak menyimpan pesona bahari berupa ragam species ikan, terumbu karang, koral, dan kekayaan laut lainnya yang masih terjaga dengan asri. Popularitas Pulau Derawan akhir-akhir ini cukup berkembang pesat dan ternyata membuat Derawan banyak dikunjungi oleh wisatawan asing maupun wisatawan lokal.

Untuk mencapai pulau Derawan, Vrens bisa pesan tiket pesawat dari CGK dengan tujuan Balikpapan, dilanjutkan lagi ke Tanjung Redep, dilanjutkan lagi dengan menggunakan motorboat menuju Derawan. Nah, Vrens bisa langsung pesan tiket pesawatnya dengan harga promo di Via.com, jangan lupa juga untuk pesan kamar hotel nya.

Banyak aktifitas di Derawan yang bisa Vrens lakukan, di antaranya adalah snorkeling, diving, berjemur di pantai, bermain bola voli atau hanya berjalan-jalan dan menikmati suasana pantai dengan angin sepoi-sepoi. Nah, ketika Vrens melakukan diving di Derawan dengan kedalaman kurang lebih 5 meter, Vrens bisa melihat banyak species laut seperti cumi-cumi, gurita, belut pipa, dan biota laut lainnya. Spesies yang ada di perairan beberapa pulau yang ada di sekeliling Derawan juga terdapat ikan pari hitam yang berdiameter 6 meter, lumba-lumba, penyu sisik, penyu hijau, dan lain sebagainya. Banyak sekali biota laut yang ada di Derawan ini, maka dari itu Pulau Derawan ini dinobatkan sebagai tempat tujuan wisata dengan taraf Internasional.

 

  1. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Siapa yang tak kenal pulau Komodo? Yup, Pulau Komodo ini terletak di Nusa Tenggara Timur dan pulau ini dihuni oleh hewan yang bernama Komodo. Pulau Komodo juga dinobatkan sebagai pemenang New Seven Wonders in The World pada tahun 2011. Selain karena merupakan habitat asli komodo, pulau ini juga khas karena memiliki pasir pantai berwarna pink. Untuk ke sini, Vrens bisa pesan tiket pesawat promo ke Labuan Bajo dengan langsung klik Via.com untuk booking tiket perjalanannya dan sekaligus mencari penginapan dengan harga terbaik.

Pulau Komodo merupakan tempat wisata yang sangat cantik karena dihiasi oleh padang rumput dan pantai yang dilindungi. Pantai ini banyak disinggahi oleh wisatawan asing maupun wisatawan lokal untuk melihat keindahannya. Pulau Komodo ini sudah diresmikan menjadi Taman Nasional Komodo sehingga hewan Komodo dapat terlindungi dengan aman.

Di sini, air lautnya jernih dan membuat Vrens ingin segera menyelam. Banyak biota laut yang ada di Pulau Komodo ini seperti terumbu karang. Konon, terumbu karang yang ada di Pulau Komodo ini merupakan trumbu karang yang terindah di dunia. Jika Vrens menyelam lebih dalam lagi, Vrens bisa melihat ribuan jenis ikan, 260 jenis-jenis trumbu karang, dan juga banyak hewan invertebrata lainnya.

 

  1. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi adalah surganya para penyelam untuk melihat keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan. Wakatobi ini banyak dikunjungi oleh wisatawan asing atau wisatawan lokal yang ingin melihat keindahan surga bawah laut ini. Untuk ke sana, Vrens bisa langsung book tiket pesawatnya di Via.com.

Keindahan dan kekayaan Wakatobi ini sudah terkenal hingga ke mancanegara setelah ekspedisi Wallacea pada tahun 1995. Wakatobi menyimpan banyak species ikan, trumbu karang, koral, dan kekayaan laut lainnya. Terdapat koral 750 dari 850 jenis koral yang ada di dunia. Lebih dari 112 jenis karang, dan 13 famiglia, ada 93 jenis ikan yang terdapat di Wakatobi. Keindahan laut di Wakatobi ini merupakan bagian dari segitiga trumbu karang.

 

  1. Raja Ampat, Papua

Raja Ampat merupakan surganya biota laut dan juga merupakan segitiga terumbu karang dunia. Tak heran Raja Ampat ini sangat disukai oleh para penyelam yang senang menikmati surga bawah laut yang sangat indah. Ada species ikan, terumbu karang, molusca, anemon-anemon laut lainnya. Selain itu, banyak gugusan pulau yang tersebar di Raja Ampat. Ayo Vrens buat kamu yang hobi diving, langsung aja ke Raja Ampat, yuk! Book tiket perjalanan dan pilih hotel terbaik di Via.com.

Nah, Di sini Vrens bisa menemukan keanekaragaman hayati yang melimpah ruah, diantaranya ada 540 jenis karang, 1.511 species ikan, kurang lebih 75% karang yang ditemukan di seluruh dunia ada di sini. Selain diving, Vrens juga bisa snorkeling atau berjemur di pantai. Kegiatan lain dan unik yang bisa dilakukan di Raja Ampat adalah Melihat “Hantu Laut” yang letaknya di Timur Waigeo merupakan fenomena alam yang unik dan menarik, dengan cara menjelajah pulau dengan menggunakan perahu kecil Vrens sudah bisa melihat Hantu Laut. Fenomena ini terbentuk oleh sebuat sinar yang berasal dari laut atau sinar sunset, biasa dinikmati 10 – 18 menit, fenomena ini biasa terjadi pada akhir tahun.

 

Bagaimana Vrens? Yuk siapin outfit pantai dan persiapan diving/snorkeling kamu, biar lebih hemat dan gak kehabisan tiket/kamar hotel, kamu bisa pesan tiket pesawat dan pesan kamar hotel dari jauh hari. Sering-sering cek bagian penawaran di via.id/offers ya Vrens! Selamat menikmati keindahan bahari Indonesia!

Leave a comment

Newsletter subscribe