October 15, 2021 2 min to read

5 KULINER LEZAT KHAS DUBAI YANG WAJIB DICOBA

Category : Culinary, Culture, Destination, Holiday

Vrens, Dubai tak hanya menawarkan pemandangan lanskap megah nan mewah. Liburanmu ke Dubai untuk menikmati segala kemegahan yang ada atau mengunjungi Expo 2020 Dubai yang diselenggarakan pada Oktober 2021—Maret 2022 akan semakin lengkap dengan menikmati kuliner khasnya. Banyak kuliner khas Dubai yang menggiurkan dan terkenal lezat, lho!

Umumnya, kuliner khas Dubai kaya akan rasa yang berasal dari rempah-rempah serta bumbu-bumbu khas ala Timur Tengah. Bahan dasar utama yang biasa dijumpai pada kuliner khas Dubai ialah daging, baik daging sapi, kambing, domba, dan yang lainnya. Bahan-bahan segar dan menyehatkan, seperti sayur-sayuran, juga kerap melengkapi kuliner Dubai. Simak rangkuman 5 kuliner lezat khas Dubai yang wajib kamu coba berikut!

BERAGAM PROMO MENARIK UNTUK KAMU ADA DI SINI

Shawarma

Makanan satu ini memang umum ditemui di Timur Tengah atau jazirah Arab. Shawarma merupakan kudapan yang terbuat dari daging kambing atau domba yang diasap dan disajikan dengan sayuran, acar, dan dilumuri dengan sedikit mayonnaise.

Bahan-bahan yang telah diolah kemudian digulung dalam roti pita atau roti khas Timur Tengah. Jika tidak suka dengan olahan daging domba, shawarma juga bisa disajikan dengan daging kambing, ayam, kalkun, atau sapi. Kuliner ini sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan pagi karena praktis, namun cukup mengenyangkan!

Machboos

Machboos adalah sajian nasi yang diolah dengan berbagai rempah-rempah serta daging yang juga memiliki cita rasa khas, seperti daging ayam, unta, domba, sapi, atau ikan. Banyak yang menyamakan machboos dengan nasi briyani atau kebuli.

Memang, rempah-rempah yang digunakan dalam meracik machboos serupa dengan nasi kebuli. Di dalam hidangan itu terdapat tomat, sayur, dan kacang-kacangan yang akan membuat rasa machboos semakin unik. Dalam pengolahan machboos, nasi basmati dimasak menggunakan lada hitam, kunyit, cengkeh, kapulaga, kayu manis, dan pala sehingga menghasilkan cita rasa yang kuat dan khas.

 

Tabbouleh

Tabbouleh merupakan kuliner sehat khas Dubai. Makanan ini merupakan salad khas Timur Tengah yang berisi potongan tomat, mentimun, peterseli, daun mint, dan bulgur atau sereal yang terbuat dari beragam jenis gandum.

Campuran bahan-bahan tersebut diolah dengan diberi perasan jeruk, olive oil, dan garam. Bahan bulgur juga dapat diganti dengan couscous atau sejenis beras yang juga menjadi makanan utama masyarakat di negara Aljazair, Maroko, Tunisia, dan Libya. Makanan ini dapat menjadi selingan menu daging dan juga bisa kamu pilih jika ingin makan makanan sehat.

PROMO TIKET PESAWAT HINGGA PAKET LIBURAN SERU ADA DI SINI

Luqaimat

Dubai juga memiliki makanan penutup atau dessert yang unik! Hidangan penutup ini bernama “Luqaimat” yang juga cocok menemani waktu minum teh. Luqaimat juga biasa disebut dengan sweet dumpling atau pangsit manis khas Timur Tengah.

Bahan dasar luqaimat serupa dengan bahan dasar pembuatan donat. Adonan yang telah diolah dan digoreng kemudian disiram sirup kurma dan ditaburi biji wijen. Luqaimat juga bisa ditambahkan bahan pelengkap seperti pistachio bubuk, karamel, cokelat putih atau selai berry. Di Dubai, luqaimat juga dijadikan sebagai menu takjil saat bulan Ramadan.

Jallab

Tak hanya makanan, Dubai juga punya minuman khas yang disukai banyak orang bernama “Jallab”. Sama seperti luqaimat, jallab juga biasa disajikan sebagai menu berbuka puasa saat Ramadhan.

Jallab merupakan campuran dari sirup kurma, carob, anggur, dan air mawar lalu diberi topping kacang pinus. Jallab lebih sering disajikan dingin dengan menambahkan es batu kedalamnya. Rasanya yang manis dan sangat segar cocok dijadikan minuman musim panas.

Vrens, kamu bisa berlibur ke Dubai dan menikmati beragam keindahan dan kemegahannya di era new normal ini. Tentunya, kamu harus menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan telah divaksinasi COVID-19 secara lengkap. Kamu juga bisa berkunjung ke gelaran exhibition bertaraf internasional, yaitu Expo 2020 Dubai. Jangan lupa juga cicipi kuliner khas Dubai tadi untuk melengkapi liburanmu!

Selalu cek update Promo dan Info dari Via dengan klik di sini.

CEK INFO DAN PROMO TERBARU UNTUK KAMU DI SINI

Leave a comment

Newsletter subscribe