October 12, 2017 2 min to read

5 Kuliner Khas Turki di Kota Istanbul ini Siap Manjakan Lidah Kamu!

Category : Culinary, Destination

Tidak hanya menyimpan arsitektur-arsitektur megah penuh sejarah, Kota Istanbul, Turki juga siap memanjakan lidah para turis dengan kuliner-kuliner khas nya. Ini dia 10 rekomendasi kuliner untuk kamu yang sedang/akan berkunjung ke kota multikultur ini!

 

Kebab

(Source: Istanbul Kebab House)

Kuliner yang satu ini tidak sulit untuk ditemukan di Indonesia. Tapi tahukah kamu kalau kebab yang kita biasa konsumsi sebagai jajanan pinggir jalan disini, bentuknya berbeda dengan kebab yang asli di Istanbul sana lho! Kebab khas Turki memiliki beberapa macam variasi; ada şiş yang menyerupai sate kambing/ayam, dipanggang dengan bumbu-bumbu rempah; lalu ada Beyti yang daging panggangnya nya dimakan bersama roti lavaş dan disajikan dengan saus yogurt dan tomat; ada juga Adana dan Urfa dengan pilihan rasa daging pedas atau tidak pedas. Apapun pilihanmu, semuanya lezat!

 

Döner

(Source: Youtube)

Kuliner Turki yang satu ini juga sudah populer di Mancanegara, meskipun kuliner ini ter-influence sedikit dari negara Jerman. Döner (biasa juga disebut Döner Kebab) inilah wujud kebab yang paling familiar dengan kita, Döner adalah daging panggang tipis-tipis yang disajikan dalam balutan roti lavaş, dan disajikan dengan yogurt, butter, dan saus tomat.

 

Manti

(Source: Never Ending Voyage)

Suka dumpling / dimsum? Turki juga punya. Manti menyerupai dumpling yang dibuat kecil-kecil lalu diisi dengan rebusan daging panggang dan disajikan dengan yogurt serta saus spesial yang terbuat dari minyak, bawang putih, paprika dan mint.

 

Kadınbudu Köfte

(Source: Ardanin Mutfagi)

Familiar dengan bakso goreng dan bakwan di Indonesia? Jajanan ringan khas Turki yang satu ini bisa jadi favorit kamu. Kadınbudu Köfte merupakan daging yang dibentuk seperti bakso, dicelupkan adonan tepung dan telur, lalu digoreng hingga golden crisp.

 

Balık Ekmek

(Source: Great British Chefs)

Kerap disebut-sebut sebagai jajanan paling iconic di Istanbul, Turki; Balık Ekmek adalah sandwich atau roti lapis isi yang membalut potongan ikan panggang segar, bawang bombay dan sayur-sayuran. Bikin kenyang dan sehat pastinya.

Selain 5 kuliner lezat khas Turki ini, masih terdapat banyak makanan yang wajib kamu explore dan cicipi saat berkunjung ke Istanbul. Tertarik kesana? Cek harga tiket pesawat ke Turki dan pesan kamar hotel dari via.com aja, kebetulan lagi promo sampai 31 Oktober nanti. Harga kamar per malam di Istanbul cuma sekitar 1,4 Jutaan! Penasaran? Yuk klik disini! Let’s travel more with via.com, your travel partner.

 

Leave a comment

Newsletter subscribe