February 21, 2023 2 min to read

5 Alasan yang Bikin Kamu Wajib Kunjungi Masjid Ulu Camii Bursa di Turki

Category : Culture, Destination, Holiday

Turki memang dikenal sebagai negara di Eropa yang mayoritas penduduk dan budayanya bernapaskan islam. Tak heran jika jumlah masjid perkapita di negara ini lebih besar dibandingkan dengan negara-negara lainnya di dunia. Statusnya yang kini menjadi salah satu negara favorit traveler dunia pun membuat masjid di sana ikut menjadi salah satu destinasi unik sekaligus menarik.

Temukan Beragam Info dan Promo Menarik di Sini, Vrens!

Untuk nikmati keindahan Turki dengan sentuhan budaya Islam, Via Vrens bisa datang ke Kota Bursa. Kota ini punya tata kota klasik yang cantik, pasar-pasar tradisional, dan tidak ketinggalan masjid-masjid indah. Salah satu masjid yang gak boleh dilewatkan oleh wisatawan adalah Ulu Camii Bursa.

Dalam sejarah kegemilangan islam di Turki, Bursa bersama Ulu Camii punya cerita yang berkesan sekaligus beragam keunikan. Masjid ini memang layak dikunjungi dan direkomendasikan wisatawan yang traveling ke Turki atau mampir ke Bursa. Buat Via Vrens yang penasaran, ini dia 5 fakta unik Ulu Camii!

  1. Masjid terbesar di Turki

Ulu Camii dikenal pula dengan Bursa Grand Mosque yang dalam bahasa Indonesia berarti sebagai Masjid Agung. Namanya terdiri dari dua kata, yakni ‘Ulu’ yang berarti besar atau agung dan ‘Camii’ atau bisa juga dibaca ‘Jami’ yang berarti masjid untuk berjamaah lima waktu. Luasnya mencapai 2200 m2 yang membuatnya menjadi masjid terbesar di Turki.

Ada Beragam Paket Liburan Seru di Sini
  1. Adaptasi dua gaya desain

Layaknya masjid-masjud klasik lainnya di Turki, Grand Mosque punya gaya desain yang khas. Bangunannya memiliki sentuhan islam yang kental karena mengadaptasi dua gaya sekaligus, yakni Usmaniyah dan Seljuk. Dengan gaya itu, Ulu Camii punya ciri khas pintu masuk yang posisinya lebih ke depan dan memiliki banyak ornamen serta kaligrafi.

  1. Punya 20 kubah

Jika masjid biasanya hanya memiliki satu kubah besar atau hanya beberapa kubah, masjid ini punya 20 kubah! Awalnya, pemimpin Turki saat itu berjanji akan membangun 20 masjid jika memenangkan Perang Nicopolis. Namun, akhirnya yang direaliasikan adalah masjid besar dengan 20 kubah yang disangga 12 tiang besar.

  1. Tempat wudhu unik

Jika biasanya tempat wudhu dalam sebuah masjid terletak di luar bangunan, lain halnya dengan Ulu Camii. Masjid ini memang punya juga tempat wudhu di luar bangunan, bahkan dilengkapi dengan tempat duduk yang membuat siapa saja yang mengunjunginya betah. Namun, penglihatan Via Vrens dijamin akan membeku saat menemukan kolam biru muda lengkap dengan air mancur di bagian dalam-tengah masjid yang bisa dimanfaatkan untuk wudhu bagi yang laki-laki.

  1. Miliki hampir 200 kaligrafi

Dengan adaptasi gaya Seljuk, masjid ini punya banyak kaligrafi yang diperkirakan jumlahnya mencapai 200 karya! Seni-seni ini terletak di seluruh penghujung masjid, seperti mihrab untuk imam dan hampir di seluruh dinding dalam masjid. Kebanyakan kaligrafi di dalam Bursa Grand Mosque ini adalah ayat-ayat suci Al-Quran.

Vrens, Turki tengah diterpa bencana alam yang membuatnya sedang terpuruk. Mari, bersama kita doakan agar Turki bisa segera pulih dan bangkit! Cek update info dan promo dari Via dengan klik di sini.

Beragam Promo Menarik untuk Kamu Ada di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe