August 26, 2021 1 min to read

3 DESTINASI WISATA SEJARAH DI MAKASSAR

Category : Culture, History

Makassar terkenal sebagai salah satu kota besar di Indonesia yang juga menawarkan banyak sekali destinasi wisata. Keindahan alam dan budayanya menjadi daya tarik yang memiliki ciri khas serta sangat menarik untuk dinikmati. Salah satu hal yang dapat dinikmati kala bewisata ke Makassar adalah wisata sejarahnya.

Vrens, berikut 3 destinasi wisata sejarah yang dapat kamu singgahi kala berwisata ke Makassar!

 

Fort Rotterdam

Fort atau Benteng Rotterdam dan memiliki nama lain Benteng Ujung Pandang merupakan bekas benteng pertahanan yang telah ada sejak abd ke-16. Kemegahan dan kekuatannya masih terasa bahkan hingga sekarang. Bentuk bangunannya yang seperti penyu sesuai dengan filosofi Kerajaan Gowa, yaitu mampu hidup di darat maupun di laut. Kemudian, pada masa pendudukan Belanda, benteng ini dijadikan gudang penyimpanan rempah-rempah. Di dalam kawasan Fort Rotterdam terdapat pulau Museum La Galigo yang menyimpan kekayaan sejarah Makassar, khususnya Gowa Tallo.

 

Museum Bolla Lompoa

Museum Bolla Lompoa merupakan museum sejarah kebudayaan di Makassar dan tentunya tentang Kerajaan Gowa. Bolla Lompoa berarti istana bagi raja-raja dari Kerajaan Gowa. Dari luar, bangunan museum ini sangat indah dan terlihat megah. Di museum ini, kamu dapat melihat beragam koleksi klasik yang memiliki cerita indah, seperti koleksi benda-benda kerajaan, silsilah Kerajaan Gowa, serta perhiasan kerajaan yang terbuat dari emas dan dihiasi dengan berlian, rubi, dan permata.

 

Museum Kota Makassar

Museum ini terletak di kawasan bekas Balai Kota Makassar dan diresmikan pada tahun 2000. Koleksi berupa barang-barang antik dan klasik yang memiliki cerita di Makassar terdapat di museum ini. Selain itu, naskah-naskah klasik yang memiliki nilai, cerita, dan sejarah tinggi juga direproduksi di Museum Kota Makassar.

Vrens, ketiga destinasi tersebut rasanya wajib kamu sambangi kala berkunjung ke Makassar untuk menambah khazanah sejarah Indonesia, khususnya peran dan sejarah di Makassar. Dijamin kemegahan museum dan uniknya koleksi-koleksi yang ada semakin membuatmu mencintai Indonesia. Dapatkan informasi seputar paket liburan ke Makassar dan destinasi cantik lainnya dengan meng-klik di sini.

Temukan Informasi Paket Liburan Impianmu di Sini!

Leave a comment

Newsletter subscribe