June 20, 2018 3 min to read

1 Hari di Bogor, Ini Dia Tempat-Tempat Wisata Yang Bisa Kamu Kunjungi!

Category : Destination, Holiday

Idul Fitri tahun ini telah berlalu. Kunjungan silaturahmi ke rumah sanak saudara pun sudah ditunaikan. Kini saatnya menghabiskan sisa-sisa libur lebaran untuk sedikit refreshing sebelum kembali lagi ke rutinitas sehari-hari, entah bekerja atau sekolah, dan berhadapan dengan hiruk pikuk kota yang stressful. Salah satu caranya dengan mengunjungi tempat-tempat wisata. Tapi, kamu pun juga tidak punya waktu banyak untuk berlibur. Atau, kamu ingin liburan tapi terlalu segan untuk pergi jauh-jauh. Jikalau begitu, Bogor mungkin bisa jadi solusi untuk kamu. Bogor punya banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Dalam 1 hari, pesona Bogor sudah bisa bikin penat kamu hilang. Pun harus diingat, lokasi kota hujan ini tidak jauh dari kota Jakarta dan bisa dicapai dengan menggunakan mobil, bus, KRL, bahkan motor sekalipun dalam rentang waktu kurang lebih 1 jam saja.

Nah jika kamu berniat untuk menghabiskan 1 hari di Bogor, idealnya kamu bisa mengunjungi tempat-tempat wisata berikut ini. Perlu dicatat, kamu tentunya harus jalan dari pagi hari agar waktu yang dimiliki lebih banyak. So, here they are:

1) Jalan Surya Kencana

Source: Google

Kendati sudah sempat sarapan di rumah, perjalanan ke Bogor tentu saja sedikit banyak membuang tenaga. Sehingga, ketika sampai di kota ini rasa lapar pun kembali muncul. Nah jika sudah begini, kamu bisa menuju ke Jalan Surya Kencana. Terkenal sebagai surga kulinernya kota Bogor, Jalan Surya Kencana siap memanjakan lidah dan perut anda dengan berbagai menu makanan, semisal toge goreng, bakso kikil, lumpia khas Bogor, laksa, soto, pepes sagu, dan tentunya masih banyak pilihan lainnya.

Bagi kamu yang bepergian ke Bogor menggunakan KRL, sebenarnya tidak harus ke Surya Kencana. Keluar stasiun, jalanlah sedikit ke arah Jembatan Merah karena disini juga banyak terdapat penjual makanan khas Bogor seperti Soto Mie dan Toge Goreng dengan harga yang murah.

2) Kebun Raya Bogor

Source: Google

Mungkin tempat wisata yang satu ini memang sudah begitu mainstream. Namun, Kebun Raya Bogor memang idealnya menjadi salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi ketika berada di Bogor. Apalagi jika kamu hanya punya waktu 1 hari untuk berkeliling Bogor, maka taman seluas 87 Hektare ini tidak boleh luput dari itinerary-mu. Selain lokasinya yang berada di pusat kota, Kebun Raya Bogor juga menawarkan nuansa wisata yang edukatif, sehingga tidak hanya sekedar menikmati keindahannya, tapi kamu juga jadi bertambah wawasannya, terutama mengenai ilmu botani. Dengan tiket masuk Rp 15,000/orang, disini kamu akan disuguhkan pemandangan asri nan sejuk oleh karena vegetasi di Kebun Raya Bogor ini yang masif. Sekitar 15 ribu jenis tanaman tumbuh subur di taman yang berada satu wilayah dengan Istana Kepersidenan RI Bogor ini. Namun tidak hanya pemandangan tumbuh-tumbuhan yang bisa kamu nikmati. Taman yang juga digunakan sebagai laboratorium alam ini juga memiliki sejumlah spot wisata lainnya semisal Danau Gunting, Museum Zoologi, Taman Meksiko, Laboratorium Treub, Taman Sujana Kassan, dan masih banyak yang lainnya. Melihat kondisi Kebun Raya Bogor yang demikian, tempat ini cocok sekali untuk kamu yang ingin me-refresh diri.

3) Situ Gede

Source: Google

Situ Gede terletak di daerah Dramaga, sekitar 10 Kilometer dari pusat Kota Bogor. Danau cantik yang berada di dalam hutan Dramaga ini menyuguhkan suasana menenangkan untuk kamu bersantai, mengelilingi danau menggunakan perahu, sambil ber-swafoto ria. Hutan Dramaga sendiri sejatinya merupakan laboratorium alam seluas 6 Hektare yang dikelola oleh Kementerian Kehutanan RI. Disini juga terdapat Pusat Penelitian Kehutanan Internasional, Stasiun Klimatologi milik BMKG, dan tidak jauh dari sini yaitu kampus Institut Pertanian Bogor (IPB).

4) Prasasti Batutulis

Source: Google

Berlokasi di Jalan Batutulis No. 54, Prasasti Batutulis nampaknya juga tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Bogor. Dari pusat Kota, kamu bisa berkendara selama kurang lebih 30 menit untuk menuju situs peninggalan Kerajaan Padjadjaran ini. Sesuai dengan namanya, prasasti Batutulis berbentuk batu yang diatasnya terukir huruf kuno, yang menceritakan perihal kejayaan Padjadjaran dibawah kepemimpinan Prabu Siliwangi. Untuk dapat melihat prasasti Batutulis, kamu tidak dipungut biaya masuk.

5) Devoyage

Source: Google

Salah satu tempat wisata baru yang lagi hits di Bogor. Yap, Devoyage! Terletak di Komplek Bogor Nirwana Residence, sekitar 40 menit dari pusat Kota Bogor, Devoyage menawarkan konsep Little Europe lengkap dengan sejumlah miniatur dari landmark terkenal di negara-negara Eropa semisal Menara Eiffel, Bryggen mini, dan kanal-kanal khas Venesia. Devoyage kini jadi alternatif tempat liburan baru di kota Bogor yang bisa kamu kunjungi. Lokasinya juga strategis dan tidak begitu jauh dari pusat kota sehingga tidak akan membuang waktumu.

 

Itu dia deretan tempat-tempat wisata di sekitar kota Bogor yang bisa kamu kunjungi dalam 1 hari. Sesungguhnya masih banyak pilihan tempat wisata lainnya di Bogor dan sekitarnya. Akan tetapi, nampaknya kamu butuh waktu lebih banyak lagi untuk mengunjunginya. So, just enjoy your short holiday!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a comment

Newsletter subscribe