June 3, 2021 1 min to read

Wisata Sekaligus Melestarikan Alam di Tanjung Puting

Category : Destination, Holiday, Travel Tips

Siapa bilang berwisata hanya sekadar merusak lingkungan alam? Di Tanjung Puting, kamu malah dapat berwisata sekaligus melestarikan alam, lho! Selain menikmati eksotismenya dan bertemu dengan hewan endemik, seperti orangutan dan bekantan, kamu juga bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman kembali. Kamu bisa melakukannya di Camp Pesalat, Taman Nasional Tanjung Puting!

Camp Pesalat merupakan salah satu camp konservasi di Taman Nasional Tanjung Puting. Biasanya, camp ini akan dilalui oleh wisatawan saat melakukan trekking menuju Camp Leakey, Pondok Tanggui, atau Tanjung Harapan. Camp ini juga dijadikan spot favorit konservasi tumbuhan dan kegiatan berkemah karena cukup aman dari gangguan hewan liar di wilayah konservasi Taman Nasional Tanjung Puting.

Vrens, jika kamu mengunjungi Camp Pesalat, aktivitas seru dan menarik yang pastinya bermanfaat dapat kamu lakukan di sana. Kawasan itu sejatinya merupakan kawasan yang sempat terkena dampak deforestasi atau pembakaran hutan. Untuk itu, upaya penyelamatan Camp Pesalat dan hutan di Taman Nasional Tanjung Puting secara keseluruhan dilakukan dengan kegiatan reboisasi. Kegiatan ini juga mengajak pengunjung TNTP untuk ikut berpartisipasi dan berkontribusi dalam usaha pelestarian dan menjaga linkungan hidup agar hewan-hewan endemik di sana tidak segera punah.

Kamu akan diarahkan dan dipandu untuk melakukan kegiatan penanaman beragam bibit pohon yang akan berguna bagi kelestarian hutan di Tanjung Puting. Beragam jenis bibit pohon yang akan kamu tanam kebanyakan merupakan bibit pohon buah-buahan yang akan bermanfaat untuk menyediakan pasokan makanan untuk orangutan dan hewan endemik lainnya di sana.

Selain ikut berupaya menyelamatkan habitat asli orangutan, bekantan, lutung merah, dan hewan-hewan serta tumbuh-tumbuhan cantik lainnya, aktivitas seru juga dapat kamu lakukan di Camp Pesalat. Kamu dapat berkemah dan merasakan sensasi bermalam di hutan, Vrens! Tenang saja, buat kamu yang enggan bermalam di hutan namun tetap ingin dekat, pilihan resor dan penginapan juga tersedia di sana.

Sudah tidak sabar berwisata ke Tanjung Puting dan merasakan keseruan lainnya? Pesan Paket Tour Tanjung Puting di sini!

Itinerary Tour Tanjung Puting di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe