September 8, 2021 1 min to read

WISATA BUDAYA DI KAMPUNG MELO LABUAN BAJO!

Category : Culture, Destination

Vrens, kamu tentu sudah mengetahui tentang Labuan Bajo. Pintu gerbang menuju Taman Nasional Komodo dan bergam destinasi wisata eksotis lainnya itu telah cukup dikenal. Sejatinya, kamu juga bisa menikmati kekayaan budaya di Labuan Bajo.

Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo terletak di Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur. Layaknya kawasan lain di Indonesia, kawasan itu pun memiliki kekayaan budaya yang khas dan indah. Untuk menikmatinya kala berlibur ke Labuan Bajo, kamu dapat berkunjung ke Kampung Melo.

Kampung Melo merupakan desa adat yang tepatnya terletak di Desa Liang-Ndara, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat. Kampung ini cukup tinggi karena terletak pada ketinggian 624 mdpl. Dengan begitu, suhu di sana tidak sepanas di Labuan Bajo. Jarak Kampung Melo sekitar 30—40 menit dari Labuan Bajo jika ditempuh dengan kendaraan bermotor.

Pesona keindahan budaya Kampung Melo dapat kamu rasakan sejak pertama kali sampai. Kamu akan disambut dengan sangat ramah oleh ketua adat di Kampung Melo dan diberikan cinderamata berupa kain khas di sana. Setelahnya, kamu akan disambut oleh masyarakat Kampung Melo lainnya dengan keramahan mereka. Masyarakat di sana juga biasanya akan menyambut wisatawan yang datang dengan memberikan minuman bernama sopi, yang merupakan tuak lokal.

Kamu masih akan disambut dan menimati budaya indah lainnya. Oleh masyarakat di sana, kamu akan disambut dengan tarian khas bernama Tari Tanam Padi atau Pacek Mawo. Tarian itu memiliki makna yang cukup dalam karena merupakan bentuk syukur atas segala rezeki dan berkah yang telah diberikan. Kamu juga akan diajak untuk melihat tarian khas lainnya, yaitu Tari Caci. Tarian yang dikenal dengan Tari Kesatriaan itu lebih dinamis dan sangat indah. Beragam ekspresi budaya lain yang khas dan indah juga akan disajikan untuk kamu kala berkunjung ke sana.

Setelah dijamu dengan beragam atraksi menakjubkan, kamu bisa berkeliling Kampung Melo. Bercengkrama dan merasakan keramahan masyarakat di sana yang sangat mencintai adat dan budayanya pun dapat kamu lakukan, Vrens. Selain itu, kamu juga akan bisa menikmati pemandangan yang sangat indah yang begitu memikat hati.

Mau tahu keseruan lain kala berlibur ke Labuan Bajo? Download itinerary­-nya di sini.

Dapatkan Informasi Beragam Paket Tur Menarik di Sini!

Leave a comment

Newsletter subscribe