July 16, 2021 2 min to read

Tradisi Idul Adha Berbagai Negara di Dunia

Category : Culture

Umat islam di seluruh dunia tengah mempersiapkan diri menyambut Hari Raya Idul Adha. Hari Raya muslim yang memaknai lebih dalam tentang pengorbanan dan kesabaran ini kerap dirayakan dengan beragam kegiatan atau tradisi unik. Biasanya, umat islam berangkat ke Mekkah untuk melaksanakan haji atau sekadar Umroh, dan yang belum berkesempatan akan melaksanakan qurban dengan menyembelih hewan-hewan ternak.

Selain umat islam pun tentunya dapat ikut merasakan dan merayakan serta memanfaatkan momen libur hari yang baik ini. Vrens, mungkin beberapa di anatara kamu kerap merayakannya dengan cara yang lebih unik lagi. Mungkin, ada yang memanfaatkan momen libur Idul Adha untuk berkumpul bersama keluarga, menyantap hidangan khas, atau melancong ke luar kota atau bahkan ke luar negeri.

Akan tetapi, tentunya hal itu belum bisa dilakukan dengan leluasa di tengah pandemi yang membatasi mobilitas kita. Untuk mengobati rasa rindu dan penasaranmu, yuk, kita intip tradisi merayakan Idul Adha di berbagai negara di dunia!

  1. Arab Saudi

Seperti yang kita tahu, Arab Saudi memiliki dua kota suci bagi umat Islam, yaitu Mekkah dan Madinah. Biasanya, pada Hari Raya Idul Adha Arab Saudi akan ramai dikunjungi oleh muslim dari seluruh penjuru dunia. Selain itu, masyarakatnya akan melaksanakan tradisi kurban yang umumnya berupa hewan unta yang memang merupakan hewan ternak paling umum di sana.

 

  1. Uni Emirat Arab

Masyarakat Uni Emirat Arab (UEA) biasanya akan menyemarakkan Idul Adha dengan menggunakan pakaian baru yang umumnya berwarna putih dan menggunakan wewangian. Kaum perempuan biasanya juga akan menghias dirinya dengan menggunakan hena di tangan. Selain itu, tradisi yang umum, seperti berkurban, membagikannya kepada yang kurang mampu, serta bersantap bersama juga dilakukan. Masyarakat UEA akan menyantap hidangan Idul Adha ditemani sajian manis khas Timur Tengah, seperti kurma, manisan, dan buah-buahan.

 

  1. Turki

Tradisi yang dilakukan masyarakat Turki kala Idul Adha cukup unik, Vrens. Masyarakat Turki umumnya juga akan berkurban hewan kurban beruapa sapi, domba, atau kambing. Namun, sebelum disembelih hewan-hewan kurban itu akan didandani terlebih dahulu dengan menyematkan hiasan dan digambar dengan hena. Hewan yang telah dikurbankan kemudian dapat diolah menjadi hidangan khas dan dapat disantap bersama borek (roti khas Turki).

 

  1. Pakistan

Pada Hari Raya Idul Adha, masyarakat Pakistan mendapatkan libur selama empat hari untuk dapat merayakannya bersama keluarga. Tentunya, libur yang didapatkan itu juga dimanfaatkan oleh masyarakat Pakistan untuk dapat melaksanakan ibadah dengan khusyuk, sampai-sampai mereka akan menutup toko-toko. Selain itu, tradisi unik lainnya adalah masyarakat Pakistan akan memandikan terlebih dahulu hewan kurban yang akan disembelih agar tidak stres.

 

  1. Indonesia

Sebagai negara yang memiliki mayoritas penduduk muslim, Indonesia juga tentu saja memiliki tradisi yang unik. Perayaannya serupa dengan Hari Raya Idul Fitri, masyarakat Indonesia akan bersilahturahmi dengan keluarga, tetangga, maupun kerabat lain. Hidangannya pun serupa seperti perayaan Idul Fitri, yang mana setiap keluarga akan mengolah sajian daging kurban menjadi makanan khas daerah masing-masing. Tak lupa, masyarakat Indonesia akan berbagi kepada sesama agar dapat bersama-sama merayakan momen Idul Adha.

 

Vrens, tentu kita semua berharap agar pandemi segera berakhir dan kita dapat merayakan momen Hari Raya Idul Adha seperti biasanya. Namun, layakanya mana yang terkandung dalam Idul Adha, semoga kita tetap kuat dan sabar serta selalu mendapat berkah.

Cek promo menarik untuk kamu di sini.

Klik di Sini dan Temukan Promo dan Paket Liburan Menarik!

Leave a comment

Newsletter subscribe