September 13, 2021 1 min to read

Sejarah Taman Nasional Komodo

Category : Destination, History, Holiday

Vrens, makin tidak sabar berlibur ke Labuan Bajo? Mungkin kamu juga ingin mengunjungi Taman Nasional Komodo. Kalau iya, tahukah kamu tentang sejarah Taman Nasional Komodo?

Taman Nasional Komodo sebagai didirikan sebagai upaya konservasi komodo di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Kabupaten Manggarai, Kecamatan Komodo. Hal itu dilakukan karena kesadaran akan status kepunahan yang mengancam komodo sang fauna endemik Indonesia. Walau daerah sekitarnya, seperti Labuan Bajo, dan pulau-pulau yang dihuninya dibuka sebagai daerah wisata keasrian serta kelestarian habitat komodo tetap dijaga dengan baik.

Komodo pertama kali ditemukan di daerah yang bernama Komodo oleh orang Belanda pada tahun 1912. Keberadaannya diidentifikasi pertama kali oleh Zoologi bernama Pieter Ouwensyang menyatakan bahwa hewan yang telah ditemukan itu bukan buaya yang besar melainkan kadal raksasa. Hal itu merupakan penemuan baru dalam dunia ilmu pengetahuan dan hanya ditemukan di Indonesia.

Setelah ditemukan keberadaan komodo, kesadaran untuk melakukan upaya perlindungan terhadap keberadaannya terus tumbuh. Ditambah lagi, diketahui bahwa hewan ini merupakan satu-satunya hewan purba yang masih hidup. Upaya itu direalisasikan oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1938 dengan menetapkan Suaka Margasatwa di Pulau Badar bagian barat dan Pulau Rinca bagian selatan sebagai upaya konservasi Komodo. Setelah Indonesia merdeka, tepatnya pada tahun 1965 Pemerintah Indonesia menjadikan Pulau Komodo sebagai Suaka Margasatwa dengan luas lahan sebesar 31.000 Ha. Setelah itu, pulau-pulau lain di sekitarnya ikut ditunjuk sebagai Suaka Margasatwa.

Puncaknya, Pulau Komodo dijadikan kawasan konservasi terjadi pada tahun 1992. Saat itu pemerintah Indonesia menetapkan Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar seluas 40.782 Ha dan perairan laut di sekitarnya seluas 132.572 Ha menjadi Taman Nasional Komodo. Pada tahun 2006 kawasan konservasi komodo itu juga termasuk ke dalam 20 Taman Nasional sebagai Taman Nasional Model.

Taman Nasional Komodo kini dikenal sebagai salah satu Taman Nasional yang cantik. Segala keindahan dan kecantikkan alam di sana begitu memesona. Tak hanya komodo, di Taman Nasional itu juga terdapat berbagai fauna lain, seperti burung dan ikan. Keindahan Taman Nasional Komodo layak untuk kamu jelajahi! Pesan paket tur Labuan Bajo di sini.

 

 

Dapatkan Informasi Detail Paket Tur “Explore Indonesia” di Sini!

Leave a comment

Newsletter subscribe