December 30, 2021 2 min to read

Sambut Tahun yang Baru dengan Cegah Burnout

Category : New Year, Uncategorized

Vrens, tahun 2021 ini memang masih berat untuk sebagian dari kita. Setelah melewati tahun 2020 dengan suasana yang tidak biasa atau normal, tahun 2021 nyatanya masih serupa. Dengan begitu, ada kalanya kita sering merasa kelelahan, merasa ingin menyerah saja, hingga tidak menjalani kehidupan dengan maksimal. Bahkan, ada sebagian dari kita yang sampai menarik diri dari lingkungan.

Cek Beragam Paket Liburan Serumu Spesial untuk Kamu di Sini

Vrens, mengalami keadaan demikian bisa jadi kamu mengalami burnout. Apa, sih, burnout itu? Burnout adalah kondisi kelelahan fisik maupun mental dan emosional yang disebabkan oleh beragam hal. Rutinitas yang dirasa membosankan, keadaan yang serba cepat, hingga hidup dalam terlalu banyak tekanan dan menyebabkan stres dapat menjadi penyebab burnout.

Jika sudah mengalami hal demikian, tentunya kita menjadi tidak produktif dan sulit berinovasi. Tetapi, tentunya ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya burnout dan membuatmu bisa melewati hari seperti biasa.

  1. Cintailah Apa yang Dikerjakan

Vrens, agar terhindar dari perasaan terbebani dan stres yang berlebihan, cobalah mencintai apa yang sedang kamu kerjakan. Dengan begitu, kamu akan mengerjakan apa yang kamu cintai. Dengan mencintai apa yang dikerjakan, semuanya akan terasa lebih ringan. Mengerjakan segala sesuatu dengan sepenuh hati akan membuatmu lebih menikmati setiap prosesnya.

 

  1. Ketahui Batas Diri

Memiliki batasan dalam diri adalah hal yang sangat wajar, Vrens. Kamu tak perlu memaksa dirimu untuk mengerjakan suatu hal yang di luar batas dan kemampuanmu. Dengan begitu, kamu pun perlu mengenali dirimu lebih dalam untuk tidak memaksa dirimu. Milikilah waktu bekerja dan istirahat yang wajar dan seimbang.

Cek Beragam Info Menarik dari Via di Sini

 

  1. Meminta Bantuan Orang Lain

Selain memiliki batasan kemampuan, manusia juga sangat wajar jika memiliki batasan pengetahuan. Jadi, tak ada salahnya jika kamu membutuhkan dan meminta bantuan dari orang lain. Jangan buat diri merasa bersalah dan menjadi stres dengan beban yang dihadapi. Mintalah bantuan dari orang lain untuk mengajarimu hal-hal yang belum diketahui bahkan kamu juga bisa menemukan mentor yang dapat membantumu untuk terus berkembang.

  1. Jangan Menyalahi Diri Sendiri

Jika kamu mudah memaafkan kesalahan teman maupun orang lain, kamu juga harus bisa menjadi pemaaf terhadap diri sendiri. Jika kamu mengalami kegagalan atau merasa mendapatkan hasil yang kurang baik, maafkanlah dirimu sendiri. Bangkitlah dengan memperbaiki segala sesuatu yang diperlukan tanpa menyalahkan diri sendiri secara berlebihan.

 

  1. Tidak Semua Hal Harus Kamu Miliki

Vrens, di dunia ini mungkin memang ada banyak hal yang dapat kamu miliki. Namun, ada banyak hal pula yang sejatinya bukan untukmu. Untuk mendapatkan suatu hal pun kamu memerlukan pengorbanan yang ada kalanya tidak kecil. Yakini pula bahwa dengan memiliki segalanya pun belum tentu membuatmu bahagia.

 

Vrens, dalam masa-masa sulit penting buatmu untuk bisa menyayangi diri sendiri. Dengan begitu, kamu pun bisa menyayangi orang lain dan menghadirkan hidup yang lebih bermakna. Menyambut tahun yang baru ini, jangan terus menyalahkan atau memaksa dirimu melewati momen yang tidak membuatmu bahagia. Jika kamu merasa ada yang salah dalam dirimu, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan ahli.

 

Selalu update info dan promo dari Via dengan klik di sini.

Promo Spesial untuk Kamu Ada di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe