August 15, 2017 2 min to read

Rayakan Kemerdekaan dengan Nikmati Kuliner Khas Kota Pahlawan

Category : Uncategorized

Kalau membahas tentang kuliner di Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Indonesia memiliki kuliner yang sangat beragam di setiap daerahnya, pun tempat wisata di Indonesia juga seakan tak ada habisnya untuk di-explore. Salah satunya adalah Surabaya. Kota metropolitan kedua di Indonesia setelah Jakarta ini memiliki kuliner-kuliner yang bercitarasa khas. Beberapa kuliner di Surabaya bahkan telah ada sejak zaman dulu kala dan rasa nya tidak berubah meskipun resepnya telah dilanjutkan ke beberapa generasi. Dalam menyambut Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-72, Via secara khusus mau ngasih referensi list kuliner khas yang enak banget dan wajib dinikmati dari Kota Pahlawan ini…

 

Rujak Cingur

(Source: Google)

Rujak Cingur bisa dikatakan sebagai salah satu icon kuliner di Surabaya. Rujak cingur berbeda dengan rujak pada umumnya karena kuliner ini dibuat dengan campuran lontong, sayuran, bumbu kacang, petis dan tentunya menggunakan cingur (hidung) kerbau atau sapi. Salah satu tempat yang menjual rujak cingur paling legendaris di Surabaya adalah Rujak Cingur Ahmad Jaiz.

 

Lontong Balap

(Source: Google)

Lontong balap merupakan kuliner yang berbahan dasar lontong, tauge, tahu, dan disiram dengan kuah petis yang khas. Lontong balap menjadi favorit para pecinta kuliner di Surabaya, khususnya yang gemar berburu makanan di malam hari. Salah satu tempat yang menjual lontong balap paling legendaris di Surabaya adalah Lontong Balap Garuda Pak Gendut, yang berlokasi di jalan Kranggan.

 

Es Krim Zangrandi

(Source: Google)

Para penggemar es krim khas tempo dulu harus datang ke tempat yang satu ini. Zangrandi menyuguhkan jajanan es krim yang cita rasa nya sangat khas, apalagi tempat ini sudah ada sejak tahun 1930, bahkan sebelum Indonesia merdeka! Es krim ini kurang lebih hampir sama dengan Ragusa yang ada di Jakarta. Di Zangrandi, berbagai varian es krim yang klasik hingga aneka rasa unik dapat ditemukan disini.

 

Sate Klopo

(Source: Google)

Sate klopo adalah sate daging yang yang dibumbui dengan campuran parutan kelapa lalu dibakar. Kuliner khas Surabaya ini memiliki citarasa unik dan beda dari sate-sate lainnya. Sate klopo yang paling legendaris dan terkenal di Surabaya adalah Sate Klopo Ondomohen Nyonya Asih yang berlokasi di Jalan Walikota Mustajab.

 

Kepiting Cak Gundul

(Source: Google)

Ragam masakan berbahan kepiting memang mudah ditemui dimanapun. Namun kepiting yang satu ini punya signature rasa yang benar-benar khas dan enak. Sudah berdiri sejak tahun 1992, Kepiting Cak Gundul benar-benar juara bumbunya, dan hingga sekarang citarasanya masih tetap lezat dan menjadi favorit para wisatawan yang datang ke Surabaya.

 

Jadi untuk menyambut perayaan kemerdekaan negeri kita tercinta yang ke-72 ini, tidak hanya dengan memasang bendera merah putih depan rumah saja Vrens. Kita juga bisa sama-sama lebih mencintai dan melestarikan kuliner khas Indonesia, agar popularitasnya tidak tergeser dengan makanan asing ataupun kekinian di zaman sekarang. Cintai Indonesia dan jelajah lebih banyak bersama via.com.

 

Buat kamu yang di Surabaya, cek promo spesial 17-an dari Jetstar di www.via.id/offers/JetstarKemerdekaan dijamin dapet tiket pesawat murah banget, mulai 300ribuan! 🙂

Leave a comment

Newsletter subscribe