May 20, 2021 1 min to read

Menikmati Keindahan Danau Toba dan Lezatnya Ayam Napinadar

Category : Culinary, Culture, Destination, Travel Tips

Buat kamu yang sedang mencari destinasi wisata dengan panorama alam yang indah serta sajian kuliner khas yang lezat, berikut ini ada rekomendasi yang pas buat kamu. Kamu bisa berkunjung ke Sumatera Utara, tepatnya ke Danau Toba sekaligus ke Pulau Samosir. Beragam keindahan dapat kamu nikmati, belum lagi lezatnya kuliner yang khas dan penuh sejarah.

Jika kamu mengunjungi Danau Toba dan Pulau Samosir sudah pasti keindahan hamparan danau layaknya laut, bukit-bukit yang hijau nan asri, serta pesona keunikan budaya dapat kamu nikmati. Selain itu, terdapat kuliner andalan yang terkenal lezat dengan cita rasa unik bernama manuk napinadar atau yang dikenal pula dengan ayam napinadar dan ayam goto.

Konon, ayam napinadar merupakan makanan yang umumnya disajikan untuk raja. Makanan ini juga disajikan untuk hari-bari besar dalam adat batak dan perayaan penting, seperti pernikahan dan kelulusan seorang anak. Bahan dasar ayam napinadar biasanya ayam kampung yang dilumuri oleh goto atau darah ayam. Namun, goto dapat diganti dengan santan dan cita rasa yang hadir pun tetap serupa.

Ayam napinadar menggunakan banyak sekali bumbu dan rempah-rempah yang membuatnya memiliki cita rasa yang sangat kuat, lezat, dan cukup pedas bagi beberapa orang. Beberapa bumbu dan rempah-rempah yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, cabai rawit, jahe, lengkuas, kunyit, garam, lada, dan andaliman sebagai andalannya.

Proses memasaknya cukup sederhana, yaitu dengan memanggang ayam yang telah dibumbui hingga matang. Semua bumbu dan rempah kemudian dihaluskan dan digongseng bersama dengan goto atau santan. Kemudian, bumbu yang telah dimasak disiram ke atas ayam yang telah dipanggang.

Kamu bisa menikmati lezatnya ayam napinadar sambal menikmati indahnya Danau Toba saat berkunjung ke sana, terutama saat ke Pulau Samosir. Kamu akan dengan mudah menemukan rumah makan yang menyediakan menu andalan itu. Jika kamu menghindari memakan olahan dengan darah, jangan sungkan untuk memesan kepada penjualnya agar disajikan tanpa diolah dengan darah.

Promo menarik dari via.com untuk kamu di sini.

Pesan Tiket KA Kamu di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe