September 7, 2018 2 min to read

Liburan ke Nepal? Ini Dia 5 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi

Category : Destination, Holiday, Travel Tips

Buat kamu yang sedang mencari sensasi liburan dengan gaya berbeda dari biasanya, Nepal mungkin bisa jadi salah satu destinasi yang bisa kamu pertimbangkan. Negara yang terkenal dengan Pegunungan Himalaya-nya ini memang punya pesona tersendiri yang jarang kita temui di sejumlah destinasi wisata dunia lainnya. Kearifan lokal yang masih begitu kental dibalut bentang alam nan menakjubkan pastinya bakal bikin liburan kamu kian berkesan.

Lalu, ada destinasi apa saja yang wajib untuk kamu kunjungi saat berada di Nepal? Yuk simak rekomendasi tempat wisata di Nepal dari via.id berikut ini:

1. Tilicho Lake

Usut punya usut, Tilicho Lake yang berada di Distrik Manang, sekitar Annapurna Himalaya ini ternyata merupakan salah satu danau paling tinggi di dunia! Pantas saja, Tilicho Lake ini terletak di jalur pendakian Gunung Everest, tepatnya di ketinggian 5 ribu kaki. Tilicho Lake akan jadi pemandangan yang kamu temui saat tengah ‘menaklukkan’ puncak tertinggi sejagat raya tersebut.

Oh iya, Tilicho Lake ini juga jadi favorit para penyuka scuba diving. Tidah heran, danau ini selalu ramai dikunjungi oleh mereka yang hobi melakukan scuba diving tersebut.

2. Pashupatinath

Katanya, belum lengkap ke Nepal kalau belum mengunjungi kuil satu ini. Pashupatinath merupakan kuil suci yang salah satu fungsinya ialah untuk mengadakan prosesi kremasi jenazah sesuai dengan ajaran agama Hindu. Kuil Pashupatinath ini memiliki nilai kesakralan yang sangat tinggi, bahkan tertinggi diantara kuil-kuil yang ada di Nepal.

Sejumlah ornamen artistik membuat kuil Shiva ini kian cantik. Pada dinding-dinding dan pintunya, kita akan menemukan simbol-simbol yang konon terbuat dari tinta emas. Pun demikian dengan lukisan dewa-dewi seperti Astha Bhairava dan Apsaras, semuanya terbuat dari tinta emas sehingga menimbulkan kesan megah bagi siapapun yang melihatnya. So, jangan sampai kamu tidak memasukkan Pashupatinath ke dalam itinerary  saat liburan ke Nepal ya Vrens.

3. Durbar Square

Terletak di Kathmandu, Durbar Square yang menjadi ikon dari ibukota Nepal ini juga harus banget kamu kunjungin ketika sedang kesana. Disini, kamu akan disuguhkan pemandangan air mancur, patung dewa-dewi, dan juga kuil-kuil. Tidak hanya itu, disini juga terdapat sejumlah bangunan kuno peninggalan Kerajaan Kathmandu di masa lalu yang, walaupun sudah berusia sangat tua, masih terlihat kemegahannya.

4. Boudhanath

Masih di Kathmandu, objek wisata selanjutnya yang wajib kamu kunjungi ialah Boudhanath. Stupa yang pada tahun 1979 masuk menjadi salah satu warisan budaya dunia UNESCO ini kabarnya menjadi stupa terbesar di Nepal bahkan Asia. Dari pusat kota Kathmandu, Boudhanath bisa dicapai dalam jarak 7 km ke arah selatan. Boudhanath ini juga dianggap sebagai pusat Budhisme Tibet. Saat berkunjung kesini, kamu akan melihat sejumlah biksu tengah melakukan ritual mengelilingi Boudhanath.

Selain itu, di areal Boudhanath ini kamu juga bisa menemukan sebuah tempat makan dengan konsep rooftop. Tersedia berbagai menu makanan, termasuk teh masala yang khas. Pemandangan sekitar yang indah tentu saja bakal bikin acara makan-makan kamu semakin mengasyikkan.

5. Chitwan National Park

Dengan luas 932 meter persegi, Chitwan National Park yang berjarak sekitar 4-6 jam dari kota Kathmandu ini merupakan taman nasional pertama yang ada di Nepal. Dibangun pada tahun 1973, Chitwan National Park ini pun pada tahun 1984 menyabet gelar situs warisan dunia UNESCO.

Taman Nasional Chitwan ini juga jadi salah satu destinasi wisata favorit bagi para traveler yang sedang liburan ke Nepal. Sejumlah aktivitas menarik bisa dilakukan disini, seperti trekking, jeep tour, naik gajah, menyusuri sungai dengan kano atau boat, dan masih banyak yang lainnya.

Itu dia 5 rekomendasi tempat wisata di Nepal yang wajib kamu kunjungi jika berencana liburan ke sana. Dari mulai wisata bertemakan alam, religi, hingga sejarah & budaya, Nepal siap memberikan pengalaman liburan tak terlupakan untuk kamu!

Leave a comment

Newsletter subscribe