May 30, 2024 1 min to read

Kutai Kartanegara: Destinasi Storynomics yang Simpan Banyak Cerita dan Keindahan

Category : Culture, Destination, History

Buat para Via Vrens yang mau menjelajahi Indonesia, Kutai Kartanegara bisa jadi pilihan destinasi yang sempurna. Terkenal dengan pesona alamnya yang indah dan lokasinya yang sangat dekat dengan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kutai Kartanegara tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga segudang cerita sejarah yang menarik.

Cek dan Pesan Penerbangan ke Berbagai Destinasi Sekarang Juga di Sini!

Buat kamu yang penasaran, yuk, simak informasi berikut!

  • Destinasi Storynomics

Sebagai destinasi wisata storynomics, Kutai Kartanegara menyimpan banyak kisah unik dan warisan budaya yang kaya. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Museum Mulawarman dengan koleksi dari kerajaan Hindu tertua di Indonesia, yaitu Kutai Martadipura. Menurut sejarah, kerajaan itu sudah ada sejak abad ke-4. Dengan lebih dari 5.000 koleksi yang terdiri dari prasasti, singgasana, pakaian kebesaran, tombak, keris, hingga perhiasan, museum ini menjadi saksi bisu perjalanan sejarah panjang Kutai Kartanegara.

Ada Beragam Paket Liburan Seru di Sini (Akses lewat PC/Laptop)
  • Representasi Kehidupan Kuno

Selain itu, Museum Mulawarman juga menampilkan berbagai peninggalan ikon-ikon kehidupan masyarakat Kutai Kartanegara. Mulai dari alat-alat tradisional, replika rumah adat, hingga berbagai artefak budaya yang menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Kutai. Via Vrens bisa belajar banyak tentang bagaimana masyarakat Kutai Kartanegara menjalani hidup mereka sejak zaman dahulu hingga sekarang.

  • Legenda Orang Basap

Tak ketinggalan, legenda orang Basap menjadi daya tarik tersendiri. Orang Basap adalah kelompok masyarakat asli Kalimantan Timur yang memiliki cara hidup dan tradisi unik. Legenda ini menceritakan tentang raja zaman dulu yang gemar bermain sabung ayam. Konon, kehebatan ayam sang raja sampai mengundang pangeran dari Tiongkok yang merasa tertantang. Karena terus kalah hingga pada pertarungan pamungkas dengan taruhan yang besar, sang pangeran sampai memutuskan kabur hingga kapalnya menepi akibat badai dan menetap. Pangeran dan pengikutnya dari Tiongkok kemudian menetap dan menikah dengan penduduk asli sehingga lahirlah orang Basap.

Dengan mengunjungi Kutai Kartanegara, dijamin pengalaman liburan kamu akan semakin seru dan berkesan. Cerita-cerita sejarah yang unik, peninggalan budaya yang kaya, dan interaksi dengan masyarakat asli akan membuat perjalananmu semakin bermakna!

Untuk penuhi berbagai kebutuhan perjalanan liburanmu, Via.id siap membantu dengan berbagai penawaran menarik. Temukan update info dan promo terbaru dengan klik di sini. Selamat berpetualang!

Beragam Promo Menarik untuk Kamu Ada di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe