August 27, 2018 3 min to read

#KenaliDestinasi: Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Wisata ke Karimunjawa

Category : Destination, Holiday, Travel Hacks, Travel Tips

Wisata pantai di Indonesia seakan tidak ada habisnya. Tidak kalah dengan indahnya Bali, Bangka Belitung dan Bunaken, Karimunjawa juga dapat dijadikan pilihan untuk menghabiskan waktu liburan bersama pasir putih dan lautan yang mengagumkan. Terletak di Jepara, Jawa Tengah; Karimunjawa merupakan surga tersembunyi yang punya banyak pesona alam. Pantai dan laut sudah pasti jadi primadona wisata Karimun Jawa, namun kamu juga dapat menemukan keindahan alam lainnya.

 

Tentang Karimunjawa

Karimunjawa merupakan sebuah kepulauan yang berlokasi di utara pulau Jawa, tepatnya di Jepara, Jawa Tengah. Karimunjawa saat ini sedang dikembangkan menjadi pariwisata Taman Laut, dan kecantikannya sudah mulai mengundang datangnya wisatawan lokal hingga turis internasional. Karimunjawa menjadi tempat wisata hits di Indonesia dengan berbagai keindahan alamnya. Pemerintahan Jepara telah menetapkan Karimunjawa sebagai Taman Nasional sejak 15 Maret 2001 dan tempat ini merupakan rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, hampir 400 spesies fauna laut, dan 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka juga dapat ditemukan disini seperti Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau. Tumbuhan yang menjadi ciri khas Taman Nasional Karimunjawa bernama Dewadaru.

 

Sebagai pulau wisata baru, Karimunjawa saat ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Indonesia. Terkenal dengan pesona alam dan lautan yang masih sangat alami namun eksotis, dan pengalaman menyelam di bawah laut yang luar biasa, dan island hopping yang jangan sampai dilewatkan hingga pengalaman berenang bersama hiu, Karimunjawa kini menjadi kota wisata yang diburu para pecinta pantai di Indonesia. Selain itu, Karimunjawa menjadi tempat wisata yang populer karena akses nya cukup mudah dijangkau, dan harga akomodasi serta tempat pariwisata yang relatif budget-friendly untuk para wisatawan. Beberapa tempat wisata paling populer dan favorit di Karimunjawa adalah Pantai Tanjung Gelam, Pulau Menjangan Besar dan kecil, Mangrove Karimunjawa dan masih banyak lagi.

 

Cara Menuju Karimunjawa

Karimunjawa merupakan pulau yang banyak dituju wisatawan lokal hingga internasional. Pulau dengan julukan The Paradise of Java ini dapat diakses melalui udara dan laut. Untuk menuju Karimunjawa menggunakan transportasi udara, kamu dapat menggunakan pesawat terbang dengan tujuan Bandara Internasional Ahmad Yani (SRG) Semarang. Setelah sampai di Semarang, ada dua pilihan rute yang bisa dipilih yaitu:

  • Semarang – Jepara – Karimunjawa
  • Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang – Karimunjawa

Jarak dari Semarang menuju Jepara memakan waktu sekitar satu setengah jam dengan menggunakan transportasi darat. Tersedia bus dari terminal Terboyo untuk menuju ke Jepara. Kamu juga bisa menggunakan mobil travel dengan tarif sekitar Rp 30,000 per penumpang.

Untuk mengakomodasi perjalanan ke Karimunjawa melalui laut, tersedia KMP Muria yang siap beroperasi dengan jarak tempuh 4,5 jam menuju Karimunjawa dengan tarif sekitar Rp 80,000 per penumpang. Adapun jenis transportasi yang bisa digunakan saat di Karimunjawa adalah perahu motor, ojek, mobil pick-up dan becak.

 

Waktu Terbaik Berkunjung ke Karimunjawa

Musim kemarau adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Karimunjawa. Bulan terbaik untuk mengunjungi Karimunjawa dan menikmati pesona alam dengan pemandangan terbaik adalah di sekitar bulan September hingga Oktober, karena cuaca cerah dan bersih, perbukitan hijau dan lautan sangat jernih, sehingga di bulan ini banyak turis dan wisatawan yang menyelam. Pada saat musim kemarau, atraksi wisata alam di Karimunjawa akan lebih menarik dan mudah untuk dikunjungi, terutama aman untuk menyebrangi lautan dan tepat untuk menghindari cuaca ekstrim di tengah lautan.

 

Keunikan Karimunjawa

Salah satu keunikan Karimunjawa adalah taman nasional ini merupakan habitat dari terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, hampir 400 spesies fauna laut, dan 242 jenis ikan hias. Beberapa flora & fauna langka juga dapat ditemukan disini seperti Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, penyu hijau dan tumbuhan Dewadaru. Di Karimunjawa terdapat 2 jenis ikan hiu yaitu, hiu sirip putih dan hiu sirip hitam, kamu dapat . Berlibur ke Labuan Bajo akan menambah pengalaman liburan yang mengesankan!

 

Kuliner Karimunjawa

Karimunjawa sebagai destinasi wisata bahari merupakan surga bagi pecinta makanan laut. Ikan dan hidangan laut di Karimunjawa sangat segar. Berbagai hidangan seafood khas Labuan Bajo penuh dengan bumbu yang menggugah selera. Beberapa di antaranya adalah Pindang Serani, Bakso Ikan Ekor Kuning, Lontong Krobyok, Ikan Bakar Srepeh dan Tongseng Cumi Kuah Kari.

 

Temukan harga tiket pesawat termurah ke Semarang untuk menuju Karimunjawa. Tersedia banyak pilihan maskapai domestik dan internasional dengan pilihan rute penerbangan terlengkap dari via.com melalui situs via.id. Kamu bisa mendapatkan harga promo ke Karimunjawa atau untuk tiket pesawat, dilengkapi dengan paket wisata ke Karimunjawa yang dapat dipesan dengan itinerary yang lengkap. Cari dan pesan kamar hotel di Karimunjawa dengan satu portal, via.id memudahkan kamu untuk melakukan perjalanan dengan sekali klik.

Dapatkan promo tiket pesawat ke Semarang dari Citilink Special Discount di via.id, nikmati diskon spesial hingga 5% untuk pembelian tiket pesawat rute domestik dari Citilink. Cek detail rute dan diskon di bawah ini. Promo berlaku hingga 20 Desember 2018. Tersedia kelas Ekonomi dan Bisnis, syarat dan ketentuan berlaku.

Ayo, tunggu apa lagi? Pesan tiket pesawat ke Semarang untuk menuju Karimunjawa dan ciptakan momen perjalanan yang berkesan bersama via.id, your travel partner.

 

Cari Tiket Promo!

 

Leave a comment

Newsletter subscribe