August 10, 2022 1 min to read

Kenali Pembagian Zona di Taman Nasional Indonesia

Category : Destination, History, Travel Tips

Buat Via Vrens yang suka berwisata ke taman-taman nasional di Indonesia, mungkin kamu akan familier dengan zona-zona yang ada di dalamnya. Namun, jika belum pernah ke Taman Nasional Indonesia dan tertarik untuk ke sana kamu harus tahu pembagian zona yang ada. Simak informasi berikut!

Temukan Beragam Info dan Promo Menarik di Sini, Vrens!

  • Zona Pemanfaatan

Kawasan dalam zona ini merupakan lahan yang bisa leluasa dijelajahi. Via Vrens yang mengunjungi taman nasional bisa menikmati keindahan alam di Zona Pemanfaatan. Dalam kawasan ini biasanya terdapat ladang rumput, bukit, air terjun, kawasan perkemahan, dan lain-lain.

  • Zona Tradisional

Zona Tradisional berkaitan dengan masyarakat setempat. Di kawasan ini lah lahan-lahan yang masih sengat alami dimanfaatkan untuk pertanian dan perkebunan. Hasil kebun atau tani yang dihasilkan pun dimanfaatkan untuk pemberdayaan alam dan masyarakat.

Beragam Promo Menarik untuk Kamu Ada di Sini
  • Zona Rehabilitasi

Kawasan ini merupakan kawasan yang memiliki kerusakan sehingga fungsinya dalam alam tidak maksimal. Zona ini bisa jadi merupakan kawasan yang rusak akibat kebakaran, ulah manusia, hingga memang sudah berumur sangat tua.

  • Zona Rimba

Di Zona Rimba bermukim hewan-hewan endemik atau khas yang eksotis. Biasanya, karena merupakan hewan endemik hewan-hewan itu sudah langka dan harus dkonservasi serta dilindungi. Ekosistem yang sesuai pun dipelihara, seperti hutan hujan dan hutan pinus.

  • Zona Inti

Biasanya, zona ini berada di taman nasional gunung-gunung. Zona Inti terletak di puncak gunung atau lereng atas. Kawasan ini juga cukup jauh dari aktivitas manusia dan diupayakan tidak mendapatkan gangguan dari manusia.

Cek update info dan promo dari Via dengan klik di sini.

Ada Beragam Paket Liburan Seru di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe