February 14, 2019 3 min to read

Ini Dia Tradisi Perayaan Valentine di 3 Negara Asia Timur

Category : Holiday, Travel Tips

Valentine merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Di Indonesia, biasanya hari kasih sayang dimanfaatkan untuk memberikan sesuatu kepada sang kekasih. Baik pria maupun wanita akan memberikan kado spesial satu sama lain. Nah bagaimana perayaan valentine di negara lain? Di Asia Timur memiliki tradisi valentine yang telah terjadi turun menurun. Beda halnya dengan Indonesia, negara-negara di Asia timur ini memiliki tradisi unik dalam merayakan hari kasih sayang tersebut. Penasaran? Berikut akan ulasannya.

Jepang

Biasanya, diantara banyaknya pasangan, kebanyakan yang memberikan sesuatu itu adalah lelaki. Namun  lain halnya dalam perayaan valentine di Jepang. Saat hari kasih sayang tiba, itu artinya para wanita harus menyiapkan segala cara untuk memberikan cokelat kepada pria. Nah di hari valentine ini juga merupakan kesempatan pada para wanita untuk menyatakan perasaan kepada seorang pria yang ia suka. Tradisi valentine di Jepang terdapat berbagai istilah, seperti Giri-choko, biasanya para wanita akan memberikan cokelat kepada pria yang ia kenal (tanpa memiliki perasaan) seperti sahabat, rekan kerja, tetangga, dan sebagainya. Lalu ada yang namanya Tomo-choko yang artinya cokelat teman. Yang terakhir ada namanya Honmei-choko, nah kalau yang ini khusus untuk para wanita yang sudah memiliki pasangan. Biasanya, cokelat yang diberikan harus cokelat buatan sendiri. Menurut sejarah, tradisi tersebut sudah ada sejak tahun 1957. Perayaan tersebut dipopulerkan oleh salah satu  perusahaan cokelat di Negeri Matahari itu.

Jika valentine di Jepang  adalah harinya wanita untuk memberikan cokelat pada pria, lalu bagaimana dengan pria? Pria di Jepang baru merayakan pada tanggal 14 Maret sebulan sesudah hari valentine berlalu (14 Februari). Pada perayaan tersebut, para pria wajib memberikan cokelat kepada wanita yang telah memberikan cokelat padanya di hari valentine yang lalu. Uniknya, cokelat yang diberikan harus berwarna putih, sama seperti nama perayaannya “White Day”.

China

Valentine tiba, itu tandanya di China akan mengadakan festival yang bernama  Qi Xi. Dalam bahasa China, Qi Xi diartikan sebagai hari valentine nya orang China. Festival ini jatuh pada tanggal 7 bulan 7 penanggalan Imlek. Biasanya, pada malam Qi Xi para wanita di China akan memamerkan bakat seni mereka.  Selain itu, berdasarkan tradisi yang ada, wanita di China akan mendatangkan kuil-kuil untuk memohon doa kepada Dewi Zihnu  pada malam Qi Xi. Untuk wanita yang belum menikah, dianjurkan agar menghidangkan buah-buahan, teh, bunga-bunga, dan bedak untuk dipersembahkan kepada  Niung dan Zihnu. Setelah itu, sebagian bedak-bedak tersebut harus ditaburkan ke atap-atap rumah dan dibagikan kepada para tetangga. Diyakini setelah menjalankan ritual tersebut, para wanita itu akan menjadi cantik, yang akan menarik perhatian dari para pria.

Taiwan

Taiwan tak mau ketinggalan dalam merayakan valentine. Uniknya, perayaan valentine di Taiwan dirayakan 3 kali dalam setahun. Yang pertama, dirayakan pada pertengahan Februari yang dirayakan bersama warga. Kedua, mereka merayakan valentine versi Jepang (White Day) pada tanggal 14 Maret, ketiga, warga Taiwan merayakan valentine pada penanggalan China yang jatuh pada tanggal 7, bulan 7, namun tanggal tersebut  bisa berubah-ubah. Lalu bagaimana jalannya perayaan 3 valentine tersebut?

Setiap valentine pertama, biasanya banyak toko-toko yang buka untuk menjual berbagai macam cokelat. Lalu, terdapat restoran yang menawarkan paket makan malam khusus untuk kamu yang ingin makan berdua dengan pasanganmu.  Valentine kedua (White Day) tak berbeda jauh dengan perayaan di Jepang, seperti biasa, para pria wajib memberi cokelat kepada wanita yang telah memberikannya cokelat. Yang terakhir adalah valentine ketiga, diyakini pada perayaan valentine ketiga ini selalu turun hujan karena Altair dan Vega menangis setelah bertemu. Hanya sedikit orang yang merayakanh hari ketiga valentine ini, namun masih banyak ditemukan pasangan yang merayakannya.

Nah, untuk kamu yang hendak merayakan valentine bersama pasangan, ketiga negara Asia Timur tersebut sangat recommended kamu kunjungi. Selain merayakan hari kasih sayang, kamu juga dapat belajar banyak dari tradisi valentine ketiga negara itu. Untuk itu, tunggu apa lagi, segera pesan tiket sekarang di via.com, terdapat Valentine Promo dari Thai Airways. Rute mulai dari Hong Kong, Jepang, China, hingga Taiwan. Harga All In, terendah mulai dari Rp 8,3 Juta. Promo berlaku hingga 31 Maret 2019. Buruan pesan sebelum promo berakhir!

 

Klik Disini Untuk Pesan Tiket

 

Leave a comment

Newsletter subscribe