May 25, 2021 2 min to read

Jangan Kesal Dulu dengan Es Krim Turki

Category : Culinary, Culture

Membaca kata “es krim” tentu membayangkan hidangan manis dan dingin yang disajikan dalam berbagai rasa untuk dinikmati. Sejatinya, es krim merupakan hidangan andalan di kala kita sudah puas memakan berbagai makanan lezat. Pun es krim dapat diandalkan untuk melawan hari dengan terik matahari yang luar biasa. Perpaduan rasa yang hadir di mulut begitu memikat dan menyegarkan. Namun, bagi beberapa orang es krim satu ini malah membuat kesal dan kehilangan selera.

Walau rasa yang dihadirkan juga unik dan menyegarkan, beberapa orang cukup kesal dengan es krim turki. Kamu tentu ingat video yang sempat viral di media sosial tentang seorang bocah yang kesal kemudian mengajak berkelahi pedagang es krim turki. Tenang, kamu jangan kesal dulu karena es krim turki memiliki kisah yang unik seunik rasanya!

Es krim turki atau dikenal dengan dondurma di Turki cukup terkenal di berbagai belahan di dunia. Dondurma yang berarti es krim ini berasal dari kawasan Kahramanmaras (Maras). Hal itu membuat es krim Turki juga dikenal sebagai Maras dondurma atau es krim yang berasal dari kota Maras.

 

Bahan dasar dan proses pembuatan yang beda

Bahan dasar es krim ini cukup unik, yaitu susu kambing. Dalam pembuatannya, susu kambing atau yang bisa juga diganti dengan susu sapi dipertahankan kemurniannya tanpa campuran air. Susu sebagai bahan dasarnya diaduk bersama dengan bahan-bahan lain dalam proses yang cukup lama untuk menghadirkan tekstur dan rasa yang khas.

 

Bahan-bahan unik lain yang hadir dalam dondurma

Selain susu kambing, dondurma juga terbuat dari bahan-bahan unik lainnya yang menghadirkan tekstur yang unik pula. Tentunya, dondurma juga dibuat dengan campuran gula dan krim. Namun, es krim turki juga terbuat dari salep yang merupakan ekstrak akar anggrek ungu dan getah pohon mastic yang membuatnya berstekstur kenyal layaknya permen karet serta tidak mudah mencair!

 

Cita rasa unik dan khas

Layaknya es krim lainnya, dondurma juga disajikan dalam berbagai rasa. Rasa coklat, vanila, dan stroberi dapat kamu temukan berpadu dengan bahan-bahan lain yang unik. Tentu kamu sudah dapat membayangkan cita rasanya yang unik dan berbeda dengan es krim biasa, kan?

 

Atraksi yang unik dan membuat cukup kesal

Karena es krim turki memiliki tekstur yang kenyal dan chewy, sang penjual kerap melakukan atraksi yang membuat pembelinya kesal. Tentu saja hal itu dilakukan dalam rangka memamerkan teksturnya yang unik, juga membuatnya agar tidak terlalu sulit dimakan nantinya. Atraksi sang pedagang juga semakin seru berpadu dengan kostum unik yang digunakannya. Tidak ada maksud tertentu dari pedagang dondurma dalam melakukan atraksinya. Namun, sebagian orang menafsirkannya sebagai filosofi bahwa kita harus bersabar dalam menanti sesuatu yang kita inginkan!

 

Dondurma atau es krim turki memang dapat kamu temui di Jakarta atau kota-kota lain di Indonesia. Namun, cita rasa yang khas tentu saja hanya ada di Turki. Jika kamu berkunjung ke sana, kamu wajib mencicipi hidangan manis itu!

Ada paket wisata ke Turki yang menarik buat kamu, klik di sini.

Pesan Paket 10D7N Classic Turkey Overland Tour

Leave a comment

Newsletter subscribe