September 21, 2018 2 min to read

Belum ke Vietnam Jika Belum Cicipi 5 Kuliner Populer Ini

Category : Culinary, Destination, Holiday, Travel Hacks, Travel Tips

Sebagai salah satu negara yang menjadi destinasi wisata favorit di Asia Tenggara, Vietnam menawarkan berbagai pesona. Tidak hanya berbagai tempat wisata yang memukau, negara yang berbatasan langsung dengan Tiongkok ini juga memiliki aneka ragam kuliner yang menggugah selera.

Beberapa ragam kuliner tersebut bahkan sangat populer baik di kalangan masyarakat setempat maupun wisatawan, sehingga pergi ke Vietnam tanpa mencicipinya bagaikan makan sayur tanpa garam. Berikut adalah lima kuliner populer wajib kamu cicipi saat liburan ke Vietnam.

1. Spring Rolls

Spring Rolls bisa dikatakan merupakan kuliner paling populer di Vietnam, sehingga wajib kamu cicipi saat liburan ke sana. Masyarakat setempat  menyebut makanan ini dengan nama Goi Cuon. Bentuknya hampir mirip seperti lumpia yang kerap kamu temui di Indonesia.

Hanya saja, spring rolls menggunakan rice paper yang terbuat dari tepung beras untuk kulitnya. Sementara untuk isinya, spring roll menggunakan sayuran segar dan udang. Kuliner yang cocok dikudap sebagai makanan ringan tetapi mengenyangkan ini, biasanya dihidangkan bersama saus celupan.

2. Pho

Kuliner populer kedua yang wajib kamu cicipi saat liburan ke Vietnam adalah Pho. Pho adalah mie daging sapi ala Vietnam. Kuliner ini terkenal dengan rasa kuahnya yang gurih dan kaya rempah. Cara menyajikannya cukup unik, yaitu kuah panas akan disiram ke dalam semangkok pho yang berisi mi, potongan daging mentah, irisan daun bawang, tauge, dan irisan jeruk nipis.

Kucuran kuah yang panas tersebut akan langsung membuat daging yang ada di mangkok matang. Kuliner yang satu ini cocok sebagai menu makan siang kamu untuk kembali mengisi tenaga sebelum melanjutkan penjelajahan di berbagai tempat seru di Vietnam.

3. Banh Xeo

Banh Xeo adalah kuliner populer ketiga yang wajib kamu cicipi saat liburan di Vietnam. Kuliner yang cukup terkenal di kalangan wisatawan ini juga biasa dijuluki pancake Vietnam. Adonan pancake Banh Xeo punya tekstur yang renyah dan rasa yang gurih, serta aroma wangi khas yang memikat.

Sementara di dalamya terdapat isian potongan daging bebek, seafood, tauge, dan aneka jamur yang semakin menambah nikmat makanan ini. Kuliner ini sangat cocok kamu nikmati baik sebagai kudapan selingan maupun menu makanan utama. Karena meski ukurannya tidak terlalu besar, Banh Xeo cukup mengenyangkan.

4. Banh Mi

Ragam kuliner keempat yang wajib kamu cicipi saat liburan di Vietnam adalah Banh Mi. Banh Mi pada dasarnya adalah sandwich ala Vietnam. Sama seperti sandwich pada umumnya, kuliner ini menggunakan roti sebagai bahan utama.

Bedanya, isi Banh Mi lebih berbumbu jika dibandingkan dengan sandwich pada umumnya. Isinya, biasanya terdiri dari potongan daging, acar wortel, lobak, ketumbar, daun bawang, seledri, irisan cabai, dan saus khas Vietnam. Kuliner ini juga cukup mengenyangkan sehingga cocok kamu santap pada jam-jam makan utama.

5. Es Kopi Vietnam

Ragam kuliner yang satu ini barangkali sudah sangat tidak asing di telinga kamu Vrens. Pasalnya, kopi Vietnam tidak hanya bisa didapatkan di negara asalnya tetapi juga di Indonesia. Hanya saja, menikmati kopi Vietnam di Vietnam tentu akan terasa berbeda.

Minuman ini dikenal karena teksturnya yang berbusa dan aromanya yang khas. Kopi Vietnam umumnya dibuat dengan campuran susu kental manis dan sebutir telur mentah. Yang terakhir ini barangkali terdengar agak aneh. Namun, kamu pasti ketagihan setelah mencobanya.

Itulah lima kuliner populer yang wajib Anda coba saat liburan ke Vietnam. Rancang liburan kamu ke berbagai tempat menarik di Vietnam bersama via.com sebagai agen travel terpercaya yang mampu menawarkan harga terbaik seputar akomodasi liburan.

Situs via.id menyediakan berbagai informasi mengenai tiket pesawat, kereta api, hotel, hingga paket wisata ke berbagai tempat ke seluruh penjuru dunia. Temukan juga berbagai kemudahan bertransaksi dalam satu sentuhan hanya di situs via.id. Kunjungi via.id sekarang juga dan temukan promo penerbangan ke Vietnam.

 

Leave a comment

Newsletter subscribe