August 15, 2022 2 min to read

6 FAKTA UNIK DUBAI YANG MUNGKIN BELUM KAMU TAHU

Category : Destination, History, Holiday

Dubai kerap menjadi bahan pembicaraan orang-orang. Namun, lihat sisi lain kota melalui 6 fakta unik berikut!

Temukan Beragam Info dan Promo Menarik di Sini, Vrens!
  1. Sejarah

Belakangan ini, Dubai yang fenomenal semakin terkenal. Dubai dianggap sebagai kota kosmopolitan atau kota metropolis baru. Padahal, kawasan ini sudah lama menjadi pemukiman masyarakat dan manusia.

Para arkeolog telah menemukan keberadaan aktivitas manusia selama lebih dari 100.000 tahun dengan ditemukannya ujung tombak. Hal ini membuktikan adanya aktivitas berburu di kawasan yang dulunya sebagian besar merupakan padang rumput. Sejarah arkeologi Dubai yang lebih mendalam dapat Via Vrens pelajari di Museum Saruq Al Hadid.

  1. Industri besar pertama Dubai


Dubai kini dikenal sebagai salah satu daerah penghasil minyak terbesar di dunia. Namun, sebelum ditemukannya minyak pada akhir 1960-an, industri utama kota ini adalah penyelaman mutiara dan perikanan. Pada awal abad ke-20, populasi penyelam mutiara Dubai tumbuh menjadi lebih dari 7.000 dengan mengerahkan sekitar 300 dhow ke Dubai Creek. Sejarah ini bisa dipelajari di Pearl Museum yang lengkap dengan koleksi mutiara arab dan perlengkapan menyelam. Jelajahi keunikan ceritanya!

  1. Bangunan tertua di Dubai

Cakrawala modern Dubai dengan gedung pencakar langitnya bersama dengan keindahan arsitektur klasiknya sangat menakjubkan. Hal ini membuat banyak orang bertanya-tanya apakah masih ada bangunan tertua di Dubai dan apa itu? Jawabannya adalah Benteng Al Fahidi yang pembangunannya dimulai pada tahun 1787 dan dibangun untuk mempertahankan kota dari serangan darat dan laut. Kemudian, pada tahun 1969, Sheikh Hamdan Bin Rashid Al Maktoum mengambil keputusan untuk mengubah bangunan yang tidak terpakai ini menjadi museum sejarah Dubai.

  1. Bangunan 3D Dubai

Dubai menjadi perbincangan pada tahun 2016 ketika menjadi kota pertama di dunia yang berhasil membangun gedung menggunakan teknik pencetakan 3D. Tiga tahun kemudian, pada bulan Desember 2019, Emirat menjadi yang pertama – memiliki gedung perkantoran cetak 3D pertama di dunia, yang juga merupakan bangunan cetak 3D terbesar di dunia.

Beragam Promo Menarik untuk Kamu Ada di Sini
  1. Orang Badui di Dubai

Orang Badui telah tinggal di seluruh UEA, termasuk Dubai, selama ribuan tahun. Mengambil nama mereka dari kata Arab ‘badawiyin’, yang berarti ‘penduduk gurun’, suku-suku pertama yang tiba di wilayah tersebut sebagian besar adalah penggembala unta nomaden. Namun, orang Badui kemudian memiliki banyak pekerjaan yang berbeda, termasuk bekerja sebagai nelayan dan penyelam mutiara – membangun perahu kayu dhow yang masih digunakan di Dubai Creek hingga saat ini.

Keuletan dan kemampuan beradaptasi masyarakat Badui membantu mendorong pertumbuhan Dubai pada tahap awal. Saat ini, banyak suku Badui yang mempertahankan tradisi mereka di padang pasir. Via Vrens dapat merasakan cara hidup Badui di Al Marmoom Bedouin Experience.

  1. Elang Tradisi Kuno Dubai

Elang telah lama menjadi bagian budaya Emirat, tentunya untuk alasan yang bagus. Burung-burung yang penuh keagungan ini telah menjadi aset penting bagi orang Badui selama ribuan tahun dan telah dilatih untuk berburu mangsa di gurun terpencil.

Selama beberapa tahun terakhir, elang telah menjadi olahraga yang sangat populer di Dubai – sedemikian rupa sehingga kota ini memiliki rumah sakit yang didedikasikan untuk mereka dan mereka juga satu-satunya burung yang diizinkan bepergian di dalam pesawat. Kamu bisa kunjungi Falcon and Heritage Sports Centre di Nad Al Sheba untuk mempelajari lebih lanjut tentang peran makhluk menakjubkan ini dalam budaya Emirat.

Yuk, liburan ke Dubai! Temukan promo paket liburannya dan berbagai informasi menarik lainnya di sini.

Ada Beragam Paket Liburan Seru di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe