July 14, 2022 2 min to read

6 Gegar Budaya yang Bisa dialami Wisatawan

Category : Culture, Travel Hacks, Travel Tips

Gegar budaya atau culture shock dapat dirasakan oleh siapa saja yang datang ke tempat yang baru dikunjunginya. Kondisi ini merupakan gejolak dalam diri seseorang akibat adanya perbedaan budaya  hingga kondisi alam di lingkungan baru.

Beragam Promo Menarik untuk Kamu Ada di Sini

Gejolak ini pun bisa menghadirkan beragam emosi yang bisa dirasakan, terutama kaget atau terkejut. Biasanya, culture shock dialami seseorang yang mengunjungi kawasan yang cukup jauh dari rumah, seperti ke luar negeri di benua yang berbeda.

Vrens, untuk mengatasinya dan mengantisipasinya, kenali 6 gegar budaya yang bisa kamu alami kala berwisata berikut!

  1. Iklim dan Cuaca

Iklim dan cuaca tiap negara bisa sangat berbeda. Keadaan ini dipengaruhi oleh letak geografis, kekayaan alam, dan sebagainya. Mungkin, kamu akan merasa cukup kaget dan butuh adaptasi ketika berkunjung ke negara yang memiliki iklim berbeda dari yang biasa kamu rasakan, misalnya di negara-negara dengan 4 musim.

 

  1. Makanan

Rasa makanan khas setiap kawasan atau negara bisa sangat berbeda. Meski memiliki bahan dasar yang serupa, seperti daging sapi, proses pengolahan hingga bumbu yang digunakan umumnya memiliki keunikan. Sebelum menjelajahi cita rasa di negara yang kamu kunjungi, ada baiknya Via Vrens cari tahu dulu mengenai makanan yang akan disantap.

 

  1. Bahasa

Setiap negara memiliki bahasanya sendiri. Bahkan, Inggris dan Amerika Serikat yang sama-sama berbahasa Inggris memiliki perbedaan dalam penggunaan kata. Mungkin, kamu akan merasa sangat asing jika menghadapi kondisi perbedaan bahasa ini. Untuk itu, penting buatmu mempelajari sedikit bahasa yang digunakan di negara yang kamu tuju.

Ada Beragam Paket Liburan Seru di Sini
  1. Pakaian

Hal yang satu ini bisa merupakan pakaian tradisional hingga sehari-hari. Untuk pakaian tradisional, umumnya akan ada nilai yang terkandung di dalamnya. Di sisi lain, pakaian sehari-hari menyesuaikan iklim dan bisa juga tren yang sedang ada. Via Vrens bisa saja kaget melihat tata cara berpakaian masyarakat di suatu negara yang mungkin cukup berbeda dari gayamu sehari-hari. Kamu juga perlu memerhatikan norma yang ada sehingga kamu tidak menyalahi aturan dalam berpakaian ketika sedang liburan.

 

  1. Nilai

Umumnya, nilai ada filosofi hidup suatu negara selalu menjunjung hal-hal yang baik. Nilai-nilai ini juga bisa membentuk sifat atau karakter bangsanya. Via Vrens bisa saja terkejut dengan nilai yang dianut oleh suatu negara. Kamu hanya perlu mengetahui dan menghormatinya. Setelahnya, mungkin saja kamu juga bisa mempelajari kebaikan yang ada dan terapkanlah dalam hidup.

 

  1. Sopan Santun

Di Amerika Serikat, jika Via Vrens makan di restoran maka akan menjadi lumrah jika kamu memberikan tip untuk pramusaji. Namun, hal ini malah dianggap kurang sopan jika kamu melakukannya di Jepang. Nah, hal yang satu ini juga jangan sampai luput dan perlu kamu perhatikan agar tidak mengalami gegar budaya. Caranya cukup mudah, ikutilah kebiasaan masyarakat setempat yang memang bernilai baik.

 

Nah, bagaimana? Kira-kira, sudah semakin siap untuk traveling? Yuk, jalan-jalan lagi!

Cek update info dan promo dari VIA dengan klik di sini.

Temukan Beragam Info dan Promo Menarik di Sini, Vrens!

Leave a comment

Newsletter subscribe