May 19, 2021 1 min to read

Budaya Makan Bersama di Turki yang Patut Dicontoh

Category : Culture

Negara-negara di dunia memiliki keunikan dan ciri khasnya sendiri. Biasanya, hal itu juga akan terlihat dalam keseharian masyarakatnya. Jika berpergian ke Turki, kamu juga akan mendapati budaya yang unik dari masyarakat Turki.

Saat ke Turki kamu akan menemukan cukup banyak restoran yang memiliki meja panjang dengan banyak kursi. Hal itu disebabkan oleh kebiasaan orang-orang Turki yang memiliki budaya makan bersama. Umumnya, makanan yang dijual di restoran-restoran di sana disajikan dalam porsi yang besar pula agar dapat dinikmati bersama-sama. Hal lainnya yang biasa dilakukan masyarakat Turki saat berada di restoran adalah memesan beragam menu untuk disantap bersama.

Biasanya, orang-orang Turki akan makan bersama dengan keluarga atau teman-temannya saat di rumah maupun di restoran. Tradisi tersebut dilakukan sebagai penghormatan kepada meja makan beserta makannya yang dianggap suci oleh masyarakat di sana.

Budaya makan bersama di Turki bertujuan untuk memperkuat hubungan satu sama lain. Saat berada di meja makan dan makan bersama, kegiatan makan dimulai saat yang paling tua atau tuan rumah mulai mengambil makanan kemudian barulah diikuti yang lain. Makanan dan minuman di rumah umumnya disajikan oleh perempuan di rumah tersebut, seperti ibu dan anaknya. Jika dilakukan bersama teman-teman maka kegiatan makan bersama akan dimulai secara bersama-sama. Masyarakat Turki juga terbiasa berbagi makanannya.

Ada kegiatan menarik lainnya dalam budaya makan bersama di Turki. Setelah selesai makan, orang-orang yang telah selesai bersantap akan mengucapkan “ellerine sağlık” yang berarti “semoga tanganmu selalu sehat”. Ungkapan itu merupakan sebuah doa kepada penyaji makanan sebagai bentuk syukur dan berharap semoga penyaji makan selalu sehat serta dapat menyajikan makanan lagi. Ungkapan itu akan dibalas dengan “afiyet olsun” yang berarti “selamat menikmati”. Di dalam keluarga, biasanya setelah selesai makan anggota keluarga juga akan mengucap “Allah bereket versin” kepada kepala keluarga atau siapa saja yang mencari nafkah.

Makan bersama yang merupakan budaya dan dijadikan tradisi di Turki terus dipertahankan dan dilakukan oleh orang-orang di sana. Budaya itu pun patut dicontoh agar hubungan kita semakin baik dan akrab, baik dengan keluarga ataupun dengan teman-teman. Masih ada lagi budaya baik yang dapat kamu contoh dari masyarakat Turki, seperti tidak membuat pelayan menunggu lama saat kamu akan memesan makanan.

Mau tau promo menarik untuk kamu? Cek di sini.

Paket Liburan Menarik Untuk Kamu

Leave a comment

Newsletter subscribe