April 29, 2019 3 min to read

Jangan Takut Liburan, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui untuk ke Luar Negeri Pertama Kali!

Category : Travel Hacks, Travel Tips

Saat ini, pergi ke luar negeri bukan sesuatu yang sulit dilakukan. Banyaknya maskapai penerbangan yang menawarkan tiket pesawat ke luar negeri dengan harga terjangkau membuat semakin banyak orang yang bisa pergi ke luar negeri. Meski mudah, pergi ke luar negeri tidak bisa dilakukan sembarangan. Berikut adalah lima hal yang mesti kamu lakukan saat pertama kali akan pergi ke luar negeri.

 

Membuat Paspor

Hal pertama yang wajib kamu lakukan saat akan pergi ke luar negeri adalah membuat paspor. Paspor berlaku sebagai tanda pengenal saat kamu berada di luar negeri. Itulah mengapa, benda ini wajib kamu miliki sebelum kamu pergi ke luar negeri. Jika kamu belum memiliki paspor, kamu bisa membuatnya di Kantor Imigrasi terdekat.

Untuk membuat paspor, kamu harus mengisi formulir dan melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan, mulai dari KTP, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, hingga ijazah terakhir. Selain itu, kamu juga harus menentukan negara mana yang pertama kali yang akan kamu tuju, dan apa keperluanmu. Pasalnya, hal ini akan ditanyakan dalam wawancara pembuatan paspor.

 

Mengajukan Visa

Untuk bisa masuk dan tinggal sementara di luar negeri, kamu harus memiliki visa. Untuk itu, saat akan pergi ke luar negeri, kamu harus mengajukan visa terlebih dahulu. Visa bisa kamu ajukan di Kedutaan Besar negara yang akan kamu kunjungi. Adapun prosedurnya bisa bermacam-macam, tergantung negara masing-masing. Namun prosedur membuat visa umumnya, dimulai dengan mengisi formulir dan membuat janji dengan pihak kedutaan secara online, kemudian datang ke Kedutaan Besar di waktu yang telah ditentukan.

Di sana, kamu akan diminta menyerahkan formulir yang telah kamu isi, sekaligus menunjukkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan visa. Sebelum mengajukan visa, pastikan kamu telah melengkapi semua syarat yang dibutuhkan. Pasalnya, jika syarat tidak lengkap maka pengajuan visamu akan ditolak.

 

Membawa Wifi Portable

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah koneksi internet. Pastinya ketika di luar negeri kamu membutuhkan internet untuk melakukan browsing, membuka social media atau bahkan untuk mengontak orang-orang. Tentu terdapat wifi gratis di negara-negara lain, tapi lebih aman untuk membawa wifi portable dari awal kamu sampai ke negara tersebut, agar memudahkan perjalanan kamu nantinya.

 

Booking Tiket Pesawat dan Hotel

Hal ketiga yang wajib kamu lakukan sebelum pergi ke luar negeri adalah memesan tiket pesawat dan hotel. Hal ini bisa kamu lakukan setelah atau sebelum mengurus visa, tergantung dengan negara tujuanmu. Jika bukti pemesanan tiket pesawat dan hotel dibutuhkan sebagai salah satu syarat pengajuan visa, maka kamu harus melakukannya terlebih dahulu.

Namun, jika pengajuan visa tidak membutuhkan keduanya, kamu bisa melakukannya belakangan. Namun yang pasti, pesanlah tiket pesawat dan hotel sejak jauh-jauh hari, setidaknya satu bulan sebelum keberangkatan. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan tiket pesawat dan hotel dengan harga lebih murah ketimbang jika kamu memesan secara mendadak. Manfaatkan pula promo yang banyak ditawarkan oleh agen perjalanan untuk mendapatkan tiket pesawat dan hotel dengan harga murah, seperti pada situs via.id/promo.

 

Menukarkan Uang

Hal terakhir yang wajib kamu lakukan sebelum pergi ke luar negeri adalah menukarkan uang. Tukarkan mata uang rupiahmu dengan mata uang negara yang akan kamu tuju. Kamu sebenarnya bisa saja menukarkan uang sesaat setelah sampai di negara tujuan, misalnya di tempat penukaran uang yang tersedia di bandara. Namun, hal ini tidak disarankan. Pasalnya, tempat penukaran uang di bandara biasanya mematok biaya jasa yang lebih tinggi ketimbang jika kamu menukarkan uang di bank.

Itulah lima hal yang wajib kamu lakukan sebelum pergi ke luar negeri untuk pertama kalinya. Lengkapi liburanmu ke berbagai tempat di dunia bersama aneka promo liburan menarik di situs via.id/promo. Situs via.id juga menyediakan beragam penawaran menarik, mulai dari tiket pesawat, kereta api, bus, hotel, hingga paket wisata. Tersedia promo dan diskon setiap harinya. Menarik, bukan? Yuk segera rancang liburan murah ke berbagai tempat di dunia hanya bersama via.com, your travel partner.

 

Leave a comment

Newsletter subscribe