May 24, 2018 3 min to read

Ingin Liburan ke New Zealand? Perhatikan Informasi mengenai Transportasi Sebelum Kesana!

Category : Destination, Holiday, Travel Hacks, Travel Tips

Bosan dengan kepadatan kota metropolitan dan hiruk pikuk keramaian? Coba sejenak untuk menjernihkan pikiran dengan liburan di New Zealand. Negara yang biasa memiliki julukan Negeri Kiwi ini merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk yang tidak terlalu banyak, menjadikan negara ini memiliki suasana yang cukup tenang dan alam yang masih terjaga kemurniannya. Di tambah lagi, cuaca di New Zealand tidak terlalu panas, bahkan pada saat musim panas suhu cuaca di New Zealand hanya beberapa belas derajat celcius saja. Sepi dan sejuk, dua alasan inilah yang membuat banyak wisatawan yang senang berkunjung ke New Zealand untuk relaksasi diri.

Sebelum liburan ke New Zealand, ada baiknya kamu perhatikan terlebih dahulu tentang informasi perjalanan praktis sebagai panduan perjalananmu selama disana. Di New Zealand kamu bisa menggunakan beberapa pilihan transportasi, baik menyewa kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan umum. Dilansir dari website newzealand.com, bus adalah transportasi publik yang utama di Selandia Baru, selain itu berbagai daerah juga dapat dijelajahi dengan kereta api, feri dan trem. Berikut beberapa informasi mengenai transportasi di New Zealand yang dikutip di newzealand.com…

 

Mobil

Mengemudi di Selandia Baru berbeda dengan mengemudi di negara lain. Mengemudi dengan mobil, campervan, atau motorhome adalah cara populer untuk menjelajahi keindahan New Zealand. Perlu diperhatikan, mengemudi di New Zealand butuh ekstra hati-hati untuk kondisi-kondisi seperti cuaca ekstrem, jalan yang sempit dan berkelok, serta peraturan jalan yang berbeda dibandingkan tempat lainnya. Di New Zealand, pengemudi selalu mengemudi di sisi kiri jalan. Kalau kamu terbiasa mengemudi di sisi kanan jalan, mengingat ini bisa menjadi tantangan terutama saat memasuki lalu lintas. Pada saat mengemudi, kamu harus duduk di tengah jalan sedangkan kursi penumpang depan berada di tepi jalan.

 

Bus

Bus adalah alat transportasi publik paling diminati dan paling murah di New Zealand. Biasanya, penduduk maupun wisatawan menggunakan bus untuk berpindah dari kota yang satu ke yang lainnya. Intercity dan Naked Bus adalah dua penyedia layanan bus terbesar dengan tarif mulai dari NZ$10.

 

Kereta

Kereta yang biasa digunakan publik di New Zealand bernama Kiwirail. Ada tiga jalur kereta utama yang dioperasikan Kiwirail yaitu Auckland ke Wellington (Northern Explorer), Picton ke Christchurch (Coastal Pacific), dan Christchurch ke West Coast (TranzAlpine – perjalanan kereta ini adalah salah satu yang paling indah karena lintasannya menawarkan pemandangan alam New Zealand yang mempesona).Tarif tiket kereta mulai dari NZ$49 per orang.

 

 

Feri

Feri adalah salah satu moda transportasi publik yang banyak digunakan untuk berpindah dari North Island ke South Island. Tersedia dua layanan feri terbesar di New Zealand yaitu InterIslander dan Bluebridge, dengan tarif mulai dari NZ$55. Nikmati suasana perjalanan naik feri yang menyenangkan dengan pemandangan indah Marlborough Sounds untuk rute ke dan dari Picton.

Perjalanan feri juga tersedia dari dan ke pusat kota dan lepas pantai New Zealand, termasuk WaihekeRangitoto dan Great Barrier di dekat kota Auckland, dan Stewart Island sedikit di luar South Island. Di beberapa daerah pesisir, feri menghubungkan kota satu dengan yang lainnya di mana jaraknya lebih dekat lewat air daripada lewat darat – termasuk  Russell and Paihia di Bay of Islands. Water taxis berukuran lebih kecil dari kapal vessel, transportasi ini menawarkan layanan terjadwal dengan tujuan pelabuhan-pelabuhan kecil yang tak dapat dijangkau feri – sangat efektif untuk mencapai lokasi-lokasi hiking dan bersepeda gunung seperti Queen Charlotte Sounds dan Abel Tasman National Park.

 

Naik apapun di New Zealand, semua akan terasa mengesankan dan memberikan pengalaman yang menyenangkan. Ada kabar gembira untuk kamu yang mau ke New Zealand, Keindahan New Zealand bisa kamu nikmati dengan mudah dan hemat di via.com! Dapatkan voucher terbang ke New Zealand senilai Rp 1,000,000. Gunakan kode “vianewzealand” untuk terbang dengan maskapai apa saja ke seluruh rute New Zealand dan dapatkan voucher Rp 1,000,000 khusus untuk 100 pembeli tiket pertama. Experience the purity of New Zealand with via.com.

 

Gunakan Kode Voucher

 

Leave a comment

Newsletter subscribe