October 26, 2022 2 min to read

6 Tips Amankan Rumah saat Ditinggal Traveling

Category : Travel Hacks, Travel Tips

Vrens, setidaknya ada dua tipe orang yang akan jalan-jalan atau traveling. Pertama, mereka yang merencanakan segala sesuatunya. Kedua, mereka yang melakukan persiapan apa adanya dengan mengusung semangat “dadakan”. Kedua tipe itu sesungguhnya sah-sah saja, asal momen traveling yang akan diciptakan benar-benar berkesan dan baik untuk kesehatan jiwa maupun raga.

Temukan Beragam Info dan Promo Menarik di Sini, Vrens!

Namun, Via Vrens tetap harus menyadari dan memeriksa kembali beberapa hal penting sebelum bepergian. Gak ada salahnya melakukan persiapan-persiapan kecil agar perjalananmu tenang, apalagi soal rumah atau tempat tinggal.

Agar lebih tenang saat traveling, amankan rumah dengan 6 tips berikut!

  1. Matikan Air dan Kompor

Matikan semua perangkat dalam rumah, terutama air dan kompor. Jika Via Vrens menggunakan kompor gas, cabut selang gas dan pastikan tidak ada kebocoran. Pastikan juga keran-keran air sudah tertutup rapat dan jangan sampai menyebabkan banjir.

  1. Cabut Kabel-kabel Listrik

Pastikan pula perangkat-perangkat listrik di dalam rumah Via Vrens dalam keadaan aman. Bila ada alat yang masih perlu menyala, seperti pengatur lampu dan sistem keamanan, biarkan tenaga listrik dari sumbernya tetap mengalir. Namun, cabut saja perangkat-perangkat lainnya yang tidak terpakai. Cek kembali semua kelistrikan di rumah, jangan sampai menyebabkan gangguan arus pendek dan menghabisi rumahmu.

  1. Kabarkan Orang Terdekat

Ada baiknya kamu mengabarkan orang-orang terdekat, seperti keluarga dan teman atau bahkan tokoh di lingkunganmu, saat akan bepergian. Selain memberikan kabar ke mana tujuanmu pergi, kamu juga bisa meminta tolong untuk mengawasi dan menjaga rumah yang akan kamu tinggal. Titipkan rumah kepada orang yang kamu percaya, bahkan jika mungkin titip pula kunci cadangannya kepada mereka agar dapat dipastikan kembali keamanan di dalamnya.

  1. Alihkan Alamat Pengiriman

Untuk sementara waktu selama Via Vrens bepergia, alihkan sementara alamat surat-meyurat dan pengiriman lainnya. Hal ini untuk meminimalisasi kemungkinan rusaknya surat atau barang-barang yang harusnya kamu terima dengan aman. Kamu juga bisa meminta bantuan kerabat atau teman terdekat untuk menyimpannya sementara waktu.

Ada Beragam Paket Liburan Seru di Sini

  1. Manfaatkan Alat Pengamanan Elektronik

Jika memungkinkan, gunakan alat pengamanan tambahan elektronik. Cobalah pasang kamera pengawas, sistem pengunciang elektronik, dan lain sebagainya. Usahakan pula gunakan sistem keamanan yang bisa kamu pantau dari jauh atau mobile. Kamu juga bisa menambah alat untuk mengatur nyala dan matinya lampu-lampu rumah.

  1. Titip Barang-Barang Penting

Kalau kamu masih khawatir dengan keamanan rumah saat kamu tinggal traveling, simpanlah barang-barangmu di tempat yang aman. Selamatkan barang-barang berharga, seperti dokumen-dokumen, perhiasan, tabungan, dan lain-lain. Kamu bisa memanfaatkan jasa bank, pegadaian, atau otoritas keamanan lainnya yang memiliki deposit box.

Vrens, sebelum kamu pergi jangan lupa juga pastikan kembali semua hal. Cek dengan teliti dan yakinkan bahwa hal-hal yang tidak kamu inginkan tidak akan terjadi. Setelahnya, yuk, jalan-jalan lagi!

Cek update info dan promo dari Via dengan klik di sini.

Beragam Promo Menarik untuk Kamu Ada di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe