October 17, 2017 3 min to read

5 Pantai Terindah di Gunung Kidul, Yogyakarta

Category : Destination, Holiday

Di Yogyakarta  memiliki pesisir pantai selatan yang menawarkan bentang alam yang indah. Anda mungkin tidak percaya, bahwa di kabupaten Gunung kidul saja terdapat lebih dari 60 pantai, dan disinilah banyak surga yang belum terekspos. Sepanjang perjalanan menuju pantai Anda akan melalui pedesaan tradisional perbukitan, dan melintasi hutan yang akan memanjakan mata. Karena jumlah pantai yang begitu banyak, maka via akan membuat daftar pantai-pantai teindah di Yogyakarta . Penasaran? Sebelum cari-cari tiket pesawat murah ke Yogyakarta, cek dulu referensi pantai-pantai indah ini…

 

Pantai Wedi Ombo

(SOURCE: GOOGLE)

Pantai Wediombo memilki daya tarik utama yaitu batu-batu karang yang biasa digunakan untuk memancing ikan. Selain itu, pantai Wediombo juga memiliki sebuah “kolam renang” alami yang sering dijadikan tempat berenang oleh pengunjung. Letak “kolam renang” ini berada di pinggir pantai dan dipisahkan oleh batu karang. Dibandingkan pantai-pantai lain di Gunung Kidul suasana pantai Wediombo ini masih cenderung sepi. Untuk kamu yang ingin mencari tempat untuk menenangkan diri ala pantai, pantai Wediombo bisa menjadi pilihan yang pas. Fasilitas yang ada pantai Wedimbo ini juga cukup lengkap. Mushola, kamar mandi, warung. Semua sudah tersedia di Wediombo

Lokasi: Desa Jepitu kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

 

Pantai Wohkudu

(SOURCE: GOOGLE)

Pantai Wohkudu berada tepat di sebelah Pantai Kesirat, hanya dipisahkan oleh sebuah tanjung kecil. Untuk sampai ke pantai ini, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 15 menit dari jalan utama menuju Pantai Kesirat dengan menuruni bukit karang dan melewati ladang warga. Setelah sampai, pantai kecil berpasir putih yang dikelilingi oleh tebing-tebing karang menjadi pemandangan yang menawan. Pantai ini biasa dijadikan tempat camping oleh anak-anak muda.

Lokasi: Girikarto, Panggang. Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

 

Pantai Timang

(SOURCE: GOOGLE)

Untuk wisata pantai timang ini, tak hanya menawarkan pemandangan pantai dengan pasir putih, tetapi ada satu hal yang menarik dan memacu adrenalin yaitu menyeberangi pulau. Dengan lintasan sekitar 100 meter yang dipisah laut hanya dengan menggunakan kereta gondola bergantungan melalui tali yang ditarik tenaga manusia. Sesampainya di pulau Panjang pengunjung akan melihat hamparan luas Samudera Hindia pada sisi sebelah selatan dan gugusan pantai Gunungkidul.

Dengan biaya tiket sebesar Rp 150.000 untuk wisatawan lokal, sementara untuk wisatawan asing sebesar Rp 200.000, bisa menikmati sensasi gondola pantai Timang. Sebagian besar wisatawan yang berani mencoba gondola wisatawan luar negeri. Setiap hari rata-rata pengunjung 50 sampai 150 orang.

Lokasi: Pantai Timang, Desa Purwodadi, Tepus. Kabupaten Gunung kidul, Yogyakarta.

 

Pantai Watulawang

(SOURCE: GOOGLE)

Pantai ini berada di sebelah timur kota Yogyakarta tepatnya di kabupaten Gunungkidul. Pantai ini banyak terdapat karang dan ombak yang besar, namun yang menjadikannya unik, terdapat karang yang cukup besar, warga sekitar atau pengelola membuat jembatan yang terbuat dari bambu yang digunakan untuk menyebrang ke karang agar pengunjung dapat menuju ke atas karang dengan aman. Diatas karang terdapat gazebo atau gardu pandang kearah laut yang dapat digunakan untuk memandangi lautan atau sekedar untuk berfoto.

Fasilitas yang terdapat di pantai watulawang sudah lumayan lengkap, seperti kamar mandi untuk bilas, warung makanan dan minuman, tempat parkir hingga tempat-tempat berteduh sudah disediakan pengelola dan warga. Harga tiket masuk menuju pantai ini sudah digabung sepaket dengan pantai-pantai lain di gunungkidul saat di loket retribusi, harganya 5000 per orang (kalau belum berubah)

Lokasi: Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Pantai Siung

(SOURCE: GOOGLE)

Para pecinta panjat tebing pasti sudah mengetahui pantai Siung yang ada di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta ini. Pantai yang terkenal akan tebingnya yang menantang ini punya  250 jalur untuk memanjat yang masing-masing tentunya memiliki tantangan tersendiri yang berbeda antara satu sama lain. Selain aktivitas climbing di pantai yang kawasannya luas nan cantik ini kita bisa banyak melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti bermain air pantai, memancing, bermain voly pantai dan aktivitas lainnya. Untuk masuk ke lokasi wisata, setiap pengunjung dikenai biaya retribusi atau harga tiket masuk sebesar Rp.5000,-.

Lokasi: Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Kabupaten Gunung kidul, Yogyakarta.

Nah sekarang sudah tahu kan bahwa Yogyakarta memiliki banyak pantai-pantai indah bak di surga, yang indah dan menarik untuk dikunjungi ketika liburan? Tinggal pilih deh pantai mana yang kamu mau kunjungi, dan cari tiket pesawat murah ke Yogyakarta dari sekarang dari portal Via.com!

Selamat liburan Vrens, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan wisata alam dan kelestarian lingkungan sekitar ya!

Leave a comment

Newsletter subscribe