November 25, 2022 2 min to read

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Wujudkan Traveling Ramah Lingkungan

Category : Travel Tips

Buat Via Vrens yang memang hobi traveling, pasti setuju kalau pariwisata bisa datangkan berbagai hal baik untuk kehidupan. Kamu pasti merasakan kalau dengan jalan-jalan, kamu bisa punya banyak pengalaman dan pelajaran baru. Perekonomian, pertukaran budaya, dan berbagai hal positif lainnya juga bisa hadir dari dunia pariwisata. Sayangnya, semakin banyak wisatawan yang datang menjamah suatu destinasi, potensi kerusakan lingkungan meningkat.

Beragam Promo Menarik untuk Kamu Ada di Sini

Sebagai traveler sejati, Via Vrens tentu harus ikut berperan dalam menyelamatkan lingkungan hidup. Wisata atau traveling yang ramah lingkungan adalah salah satu jawabannya. Agar kamu bisa mewujudkan hal tersebut, simak 5 tips yang bisa kamu lakukan berikut!

  1. Jelajahi Destinasi Baru

Destinasi wisata yang populer pastinya ramai dikunjungi oleh wisatawan. Hal itulah yang menyebabkan banyak kawasan wisata terancam rusak, apalagi jika perilaku pengunjungnya kurang bertanggung jawab. Meskipun bisa mendatangkan keuntungan jika ramai dikunjungi, tetap saja keberlangsungan suatu kawasan itu dapat terganggu.

Untuk itu, gak ada salahnya kalau kamu menjelajahi liburan seru ke destinasi-destinasi baru. Destinasi baru yang dimaksud adalah yang belum banyak dijamah wisatawan, namun tetap memiliki keindahan dan keseruan yang layak direkomendasikan. Kumpulkan informasi destinasi-destinasi potensial yang menarik melalui berbagai sumber. Jangan lupa untuk selalu bertanggung jawab di sana.

  1. Hemat Penggunaan Energi Bersumber Daya Alam

Dalam kegiatan traveling, tentunya banyak hal yang digunakan dan menghabiskan energi dengan sumber daya alam. Sebut saja, bahan bakar minyak untuk transportasi yang digunakan, penggunaan air untuk berbagai kebutuhan, hingga penggunaan lustrik.

Hal-hal itu tentu bisa mengancam keberlangsungan bumi dan lingkungan hidup.

Maka dari itu, hematlah penggunaan energi bersumber daya alam. Selalu ingat untuk menggunakan air dan listrik seperlunya saja. Kamu juga bisa memilih transportasi yang lebih ramah lingkungan.

Temukan Beragam Info dan Promo Menarik di Sini, Vrens!
  1. Dukung Perekonomian Lokal

Bukan hanya lingkungan alam, namun lingkungan budaya atau masyarakat di kawasan wisata juga perlu diperhatikan. Kamu bisa berperan langsung untuk turut membantu perekonomian masyarakat setempat yang umumnya ikut menumbuhkan destinasi wisata di sekitar mereka.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendukung perekonomian lokal. Via Vrens mencicipi kuliner khas setempat di rumah-rumah makan yang dimiliki oleh penduduk setempat. Kamu juga bisa membeli pernak-pernik unik, biasanya dijual di dekat destinasi yang dikunjungi.

 

  1. Bawa Air Minum Sendiri

Ketika traveling, mungkin kamu akan rajin membeli air minum dalam kemasan plastik sebagai pelepas dahaga. Sayangnya, hal ini akan memicu semakin banyaknya sampah plastik yang tertimbun. Sampah-sampah itu jelas akan menyebabkan lingkungan hidup menjadi tercemar.

Untuk itu, coba bawa air minum sendiri dalam kemasan yang mudah di daur ulang. Kalau jalan-jalan ke luar negeri, kamu bisa bawa botol minum sendiri dan mengisi ulang air di tempat-tempat yang banyak tersedia.

  1. Belanja Seperlunya

Dengan banyak berbelanja, Via Vrens dijamin akan membawa banyak wadah. Entah bisa didaur ulang atau bahkan tidak, wadah-wadah ini akan menimbulkan sampah yang tidak ramah lingkungan. Untuk itu, ada baiknya kamu belanja seperlunya saja dan hindari terlalu kalap.

Selain menyelamatkan lingkungan, hal ini tentunya akan mengamankan dompetmu, Vrens! Biaya untuk berbelanja yang berlebihan bisa kamu tabung untuk petualangan-petualangan seru selanjutnya.

Yuk, jalan-jalan lagi. Cek beragam update info menarik dari Via dengan klik di sini.

Ada Beragam Paket Liburan Seru di Sini

Leave a comment

Newsletter subscribe