August 8, 2017 4 min to read

10 Fakta Unik Negara Asia Tenggara (ASEAN) yang Belum Kamu Ketahui!

Category : Destination, Holiday, Travel Hacks, Travel Tips

Tanggal 8 Agustus merupakan hari jadi persatuan negara-negara kawasan Asia Tenggara, atau yang lebih kita kenal dengan sebutan ASEAN (Association of Southeast Asian Nations). ASEAN didirikan di Bangkok, tepatnya pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok. Saat pertama didirikan, ASEAN hanya beranggotakan Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Filipina melalui hasil deklarasi Bangkok.

Bertepatan dengan hari ulang tahun ASEAN yang berusia 50 tahun pada hari ini, Via mau ngasih tau ke kamu fakta-fakta unik tentang negara-negara dalam naungan ASEAN. For your information, negara-negara di ASEAN juga sedang menjadi incaran destinasi wisata yang difavoritkan para turis dunia. Jadi, yuk simak fakta unik negara kawasan ASEAN yang mungkin belum kamu ketahui!

 

Singapura

(Source: Google)

Singapura merupakan salah satu dari tiga negara yang tidak mempunyai ibukota (atau biasa disebut sebagai city-states) di dunia, dua di antaranya Monaco dan Vatikan. Singapura juga memiliki air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia, tingginya mencapai 35 meter lebih! Air terjun ini berlokasi di Gardens by the Bay, dimana tempat ini merupakan taman yang terkenal memiliki lebih dari 500,000 tanaman di seluruh dunia.

 

Malaysia

(Source: Google)

Kalau kamu berkunjung ke negeri tetangga kita, Malaysia, jangan heran kalau di sana mereka tidak menggunakan istilah “mobil”, karena mereka menyebut mobil dengan sebutan “Kereta”, dan mereka menyebut kereta dengan istilah “Tren”. Jadi jangan bingung kalau ada orang di Malaysia yang bilang pergi naik kereta, tapi turun dari mobil, hehehe.

 

Thailand

(Source: Google)

Tahu gak sih kalau kota Bangkok punya nama asli yang panjaaang banget! Kota Bangkok memiliki nama seremonial “Krungthep Maha Nakhon Amon Rattanakosin Mahintharayutthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Phiman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit”. Wah, panjang banget kan, bahkan sampai mendapat predikat sebagai nama tempat terpanjang di dunia dari Guinness World Records, lho. Oh ya, di Thailand juga memiliki hal unik yang beda dari negara lain, kalau di tempat-tempat lain toiletnya hanya dibagi dua; untuk pria dan wanita, tapi kalau di Thailand ada 3; yang terbagi untuk pria, wanita, dan transgender.

 

Indonesia

(Source: Google)

Negeri khatulistiwa tercinta kita ini memiliki banyak fakta unik yang dan menarik yang gak ada habisnya untuk dibahas. Tapi, ada beberapa hal unik yang membuat Indonesia terkenal di mata wisatawan dunia. Pertama, keramahan orang Indonesia sudah terkenal di kancah dunia, bersyukurlah kita dikenal sebagai orang-orang yang ramah dan menyenangkan di mata internasional. Lalu, kamu harus tau bahwa Indonesia surganya diving! Negeri tercinta ini punya 600 titik selam yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Indonesia ternyata memiliki kawasan terumbu karang terkaya di dunia dengan 18% terumbu karang di dunia hidup di Indonesia. Kaya sekali kan alam negeri ini?

 

Vietnam

(Source: Google)

Penduduk dari negara yang berbentuk “S” ini terkenal sangat gemar mengonsumsi masakan dari darah binatang, atau biasa disebut Tiet Canh. Selain itu, Vietnam juga memiliki Ha Long Bay yang termasuk dalam World Natural Heritage Site oleh UNESCO. Ha Long Bay dianggap memiliki pemandangan paling indah di seluruh Vietnam, terdiri dari 1.969 pulau yang terletak di Teluk Tonkin, zona ini terkenal karena pemandangan lautnya yang spektakuler.

 

Filipina

(Source: Google)

Filipina memiliki 10 Situs Warisan Dunia UNESCO. Tujuh situs di antaranya terletak di pulau Luzon, yaitu Terasering persawahan padi, Taman Nasional Batu Karang Apo di Mindoro, Taman Nasional Gunung Iglit-Bacu di Mindoro, Rumah Kolonial Vigan Kuno di Ilocus Sur, Gereja Santa Maria di Ilocus Sur, Gereja San Agustin di Manila dan Gereja San Agustin di Ilocos Norte. Selain itu, bendera Filipina juga jadi satu-satunya bendera di dunia di mana warnanya dapat dibalik, saat dalam keadaan perang, pita atas berwarna merah dengan dasar biru, dan saat dalam keadaan damai, komposisi warna nya jadi kebalikannya.

 

Myanmar

(Source: Google)

Suka dengan perhiasan yang terbuat dari batu rubi? Coba deh ke Myanmar. Myanmar merupakan negara penghasil terbesar batu rubi, yang mana Myanmar menghasilkan 90% batu rubi di dunia! Hal ini bisa dibilang sesuai dengan nama negaranya karena nama “Myanmar” berasal dari kata “Mya” yang artinya “zamrud/mutiara”. Negara ini dapat disebut dengan zamrud Asia.

 

Brunei

(Source: Google)

Kehidupan di Brunei bisa dikatakan sangat makmur, bagaimana tidak, terdapat banyak fasilitas gratis di Brunei. Penduduk di Brunei dapat merasakan fasilitas pendidikan dan kesehatan gratis. Kemakmuran negara ini bisa jadi karena factor penduduk negara yang sangat sedikit. Hanya sekitar 400.000 orang, dan kekayaan Sultan Brunei yang sangat luar biasa. Sultan Brunei memiliki koleksi lebih dari 7.000 mobil mewah, mulai dari Rolls Royce, Lamborghini, Ferrari hingga Mercedes Benz.

 

Laos

(Source: Google)

Ingin bersantai di pinggir pantai atau ber-diving ria? Sepertinya kamu harus berlapang dada untuk mengubur niat tersebut kalau berlibur ke Laos karena negara kecil ini tidak memiliki wilayah laut. Laos adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang hanya dikelilingi oleh daratan. Karena tidak ada laut, Sungai Mekong di Laos menjadi sungai yang menopang kehidupan di Laos, selain untuk pengairan sawah-sawah dan untuk sarana transportasi, tetapi juga untuk pembangkit listrik dan menangkap ikan.

 

Kamboja

(Source: Google)

Kamboja mempunyai danau terbesar di Asia Tenggara yang bernama Tonle Sap. Selain itu di negara ini juga berlaku 2 mata uang yaitu Riel dan USD. Hampir sama seperti Indonesia, Kamboja juga merupakan negara dengan jutaan sepeda motor yang tersebar di penjuru negara. Kalau kamu berlibur ke Kamboja, kamu dapat mencoba naik transportasi khas Kamboja yaitu Tuk-tuk.

 

Jadi lebih tahu tentang negara-negara kawasan ASEAN kan? Negara mana saja yang udah pernah kamu kunjungi atau jadi destinasi wisata favorit kamu? Kalau belum sempat berlibur ke negara-negara ini, yuk jelajahi kawasan Asia Tenggara bersama via.com! Kamu bisa pesan tiket pesawat, pesan kamar hotel, bahkan tur dengan paket liburan dari via.com, caranya mudah dan harganya dijamin terjangkau! Tunggu apa lagi, yuk liburan sekarang.

Leave a comment

Newsletter subscribe